Hubungan antara Inovasi Produk di Sosial Media dengan Keputusan Pembelian

Indah Salsabila, Anne Maryani

Abstract


Abstract. The development of the current era, making the habits of people in receiving marketing information to change. Currently the community with very easy to get marketing information because of social media which one of them is Instagram. In terms of marketing companies are required to be more innovative in producing a product. From the old product that has reached the saturation point in the market, it takes an innovation to replace the old product. This is done by Mayoutfit company who always innovate and always market their product innovation through Instagram @Mayoutfit account. The purpose of this research is to find out whether there is a relationship between product innovation, new product line, addition to existing product line, improvement of existing product, re-determination, and cost reduction with buying decision.The theory used in this research is AIDDA Theory (Attention, Interst, Disire, Decision, Action). This theory explains a psychological process that occurs in audiences in receiving communication messages that can lead to decisions and actions that is buyying decisions. The method used in this research is correlational method.The final results of the research shows that there is a significant relationship between product innovation in social media followers @Mayoutfit with buying decisions.

Keywords : Product Innovation, Buyying Decisions, AIDDA Theory

 

Abstrak. Perkembangan zaman yang ada saat ini, membuat kebiasaan masyarakat dalam menerima informasi pemasaran menjadi berubah. Saat ini  masyarakat dengan sangat mudah mendapatkan informasi pemasaran karena adanya media sosial yang salah satunya adalah Instagram. Perusahaan dituntut untuk lebih berinovatif dalam menghasilkan suatu produk. Diperlukan sebuah inovasi untuk mengganti produk lama sehingga Mayoutfit selalu berinovasi dan selalu memasarkan inovasi produknya melalui akun Instagram @Mayoutfit. Tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara inovasi produk, lini produk baru, tambahan pada lini produk yang telah ada, perbaikan pada produk yang telah ada, penentuan kembali, dan pengurangan biaya dengan keputusan pembelian. Teori yang digunakan daam penelitian ini adalah teori AIDDA (Attention, Interest, Disire, Decision, Action), teori yang menjelaskan suatu proses psikologis terjadi pada khalayak dalam menerima pesan komunikasi yang dapat menimbulkan keputusan lalu tindakan yaitu keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional.Hasil akhir dari penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara inovasi produk di sosial media @Mayoutfit dengan keputusan pembelian followers.

Kata Kunci :  Inovasi Produk, Keputusan pembelian, Teori AIDDA


Keywords


Inovasi Produk, Keputusan pembelian, Teori AIDDA

Full Text:

PDF

References


Amerk, Indriany. 2013. Manajemen Inovasi. Yogyakarta:CV. Andi Offet.

Effendy, Onong Uchjana.2005. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ghazali, Miliza. 2016. Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram. Malaysia: Publishing House Sendirian Berhad.

Kotler, Philip.2007. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen pemasaraan.Edisi Milennium. Jakarta: Prenhallindo.

Schiffman,L,G. dan L.L. Kanuk.2009. Persepsi KualitasConsumer Behavior. Perason Prestice Hall:New Jersey.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra.2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta:ANDI.

Jurnal Ilmiah

Zainal, anna agustina dan Septi. 2017. “Strategi Komunikasi Oleh Brand Presenter Dalam Memasarkan Produk Kepada Konsumenâ€. Dalam Jurnal of communication studies Vol.2, No.1, Maret 2007. (hal. 66-74).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10430

Flag Counter   Â