Hubungan Vehicle Advertising dengan Minat Beli pada Produk E-Commerce Shopee

Dio Safitri Febriana, Ike Junita T

Abstract


Abstract. Lots of e-commerce appearances that take advantage of this competition, one of which is e-commerce Shopee, therefore the Shopee to do a different promotion with the other is to make a communication using Vehicle advertising. The purpose of this research is to know whether there is relationship between Vehicle advertising with buying interest in e-commerce Shopee then the method used is correlation method by using data collecting technique in the form of questionnaire and questionnaire. Population in this research is Student of Islamic University Bandung 2015, Sampling technique used is to use category possible sampling with Cluster Sampling technique. Shopee vehicle advertising relationship with buying interest. has a significant relationship, with the appeal of color and design generated by vehicle advertising shop is able to attract respondents to memebeli products contained in e-commerce Shopee, and can be known between the contents of the message with buying interest has a significant relationship, with the completeness of the information, the contents of an informative message and the contents of this interesting message is able to attract interest to buy respondents. Furthermore, it can be seen that there is a relationship between vehicle advertising Shopee with buying interest. From the inferential analysis can be known between the intensity with buying interest has a significant relationship, so the frequency and appreciation of respondents see the media vehicle advertising Shopee able to attract buying respondents Based on the research, the results show a correlation between Shopee vehicle advertising with buying interest in e-commerce Shopee, with a significant level of relationship.

Keywords: buying interest, e-commerce, Shopee, Vehicle advertising

 

Abstrak.  Banyak sekali kemunculan e-commerce yang memanfaatkan persaingan, salah satunya adalah e-commerce Shopee, maka dari itu Shopee melakukan promosi yang berbeda dengan yang lain yaitu melakukan promosi dengan menggunakan vehicle advertising. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara vehicle advertising dengan minat beli pada e-commerce Shopee lalu metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuisioner dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Univeristas Islam Bandung 2015. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah menggunakan kategori probably sampling dengan teknik cluster sampling. Hubungan vehicle advertising Shopee dengan minat beli, memiliki hubungan yang cukup berarti, dengan adanya daya tarik warna dan desain yang ditimbulkan oleh vehicle advertising Shopee ini mampu menarik minat beli, dan dapat diketahui antara isi pesan dengan minat beli mempunyai hubungan yang cukup berarti, dengan adanya kelengkapan informasi, isi pesan yang informatif dan isi pesan yang menarik ini mampu menarik minat beli responden. Selanjutnya dapat diketahui bahwa Terdapat hubungan antara vehicle advertising Shopee dengan minat beli. dapat diketahui antara intensitas dengan minat beli mempunyai hubungan yang cukup berarti, frekuensi dan penghayatan responden melihat media vehicle advertising Shopee mampu menarik minat membeli responden Berdasarkan penelitian, hasilnya menunjukkan adanya korelasi hubungan antara vehicle advertising Shopee dengan minat beli pada e-commerce Shopee, dengan memiliki tingkat hubungan yang cukup berarti.

Kata kunci: e-commerce, minat beliShopee, Vehicle advertising


Keywords


buying interest, e-commerce, Shopee, Vehicle advertising

Full Text:

PDF

References


Morissan. 2015. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suhandang, Kustadi. 2016. Manajemen, Kiat dan Strategi Periklanan. Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Nuansa.

Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell, dan William Wells. 2015. Advertising. Edisi Kedelapan. Jakarta: Cahaya Insan Printing.

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo

Schiffman, L.G. dan Kanuk L.L. 2000. Perilaku Konsumen, Edisi ke-7. New Jersey: Printice Hall.

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jakarta, Prehallindo

Jurnal :

Lestari, Sinta. 2015. Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan dan Promosi dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan. Interaksi Journal. Vol 4. No 2. Juli. 2015.

Mayrisa, Martha, Berlian. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran SMB Telkom University Tahun 2015/2016 Melalui Media Sosial Instagram, dalam Sosioteknologi Journal Vol. 15, No. 2. Agustus 2016.

Prama, Ike.2016. Komunikasi Pemasaran Web Series Moemagic pada Konten Youtube. Manajemen Komunikasi Journal. 2016.

Rina, Ike. 2014. Komunikasi Pemasaean Kartu Jaminan Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan. Manajemen Komunikai. Journal Vol.2. 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10428

Flag Counter   Â