Hubungan Antara Brand Ambassador dengan Minat Beli Konsumen

Muhamad Ravi Zuswayuda, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. A brand Ambassador is someone who presented the best portrait of the products or services. This person can be an employee of the company, the customer or a celebrity endorse. Brand Ambassador, may affect the interest of buying products and will also help create a stronger emotional relationship between brands/companies with consumers. In this study that examined is looking for whether there is a relationship between a Brand Ambassador with the interest of the consumer to buy.   As for the purpose of this research is to find out whether there is a relationship between vicibility, credibility, attraction and power of consumer buying interest Agnez Monica Vivo V7 + at the Islamic University of Bandung.The method used in this research is correlation, that is method to research and know the relationship between two variables (Variable X and Variable Y). In the calculation will be obtained correlation coefficient, correlation coefficient is used to determine whether there is a strong relationship, the direction of relationships, and the meaning or not the relationship. Correlational method in this research is used to test whether there is relationship between vicibility, credibility, attraction and power with consumer buying interest. In this study, respondents selected researchers are students of Islamic University of Bandung as many as 84 people using random sampling technique. The results of this study indicate that there is a relationship between, credibility, and power with consumer buying interest. Thus, it can be said that using a Brand Ambassador in marketing a product will help the desire to buy the product.

Keywords: Mass Communication, Brand Ambassador, Perception

Abstrak. Brand Ambassador adalah seseorang yang mempresentasikan potret terbaik dari produk atau layanan. Seseorang ini bisa karyawan perusahaan, pelanggan atau celebrity endorse. Brand Ambassador, dapat mempengaruhi kepentingan membeli produk dan juga akan membantu menciptakan hubungan emosional yang lebih kuat antara merek / perusahaan dengan konsumen. Dalam penelitian ini yang diteliti adalah mencari apakah terdapat hubungan  antara Brand Ambassador dengan minat beli konsumen.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara vicibility, credibility, attraction dan power Agnez Monica minat beli konsumen Vivo V7+ di Universitas Islam Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional, yaitu metode untuk meneliti dan mengetahui hubungan di antara dua variabel (Variabel X dan Variabel Y). Di dalam perhitungannya nanti akan didapat koefisien korelasi, koefeisien korelasi ini digunakan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang kuat, arah hubungan, dan berarti atau tidaknya hubungan tersebut. Metode korelasional dalam penelitian ini digunakan untuk menguji apakah terdapat hubungan antara vicibility, credibility, attraction dan power dengan minat beli konsumen. Dalam penelitian ini, responden yang dipilih peneliti adalah mahasiswa Universitas Islam Bandung sebanyak 84 orang dengan menggunakan teknik random sampling.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara, credibility, dan power dengan minat beli konsumen. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa menggunakan Brand Ambassador dalam memasarkan suatu produk akan membantu hasrat untuk membeli produk tersebut.

 

Kata kunci : Komunikasi Massa, Brand Ambassador, Minat Beli


Keywords


Komunikasi Massa, Brand Ambassador, Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Ferdinand Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husein Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip – prinsip pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Nugroho J. Setiadi, SE., MM. 2008. Perilaku Konsumen :Konsep dan Impilikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Rakhmat, Jalaluddin. 2014. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Royan, Frans. 2004. Marketing Celebrities. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Desfani, Riska. 2014. Descriptive Study Regarding Credibility Kindergarten Teacher At Al-Mizaan In The Storytelling Activity. Scientific Articles. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10426

Flag Counter   Â