Instagram sebagai Media Komunikasi Komunitas Meowholic kepada Followers pada Account Official Instagram @Meowholicid sebagai Wadah Online Para Pecinta Kucing

Widi Wulandari, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstarct. In social media instagram, users can share photos or videos with other users because it offers attractive features and has a lot of users, so that instagram as a social media to make a means of interaction or communication media indirectly from the uploader and who saw it. It is utilized by the Meowholic community, by managing the official account instagram @Meowholicid created as an online container for cat lovers. Therefore, the authors conducted this study aims to: (1) know the background of instagram selection as a communication medium for cat lovers, (2) knowing the communication process performed by the account manager to followers in managing the official account instagram @Meowholicid as online containers of the cat lovers, and (3) knowing the benefits felt by the Meowholic community on the use of official account instagram @Meowholicid as a communication medium. In this research refers to case study method with qualitative approach. Data collection was done by in-depth interview, observation and documentation on official account instagram @Meowholicid. The results of this study can be concluded that the use of official account instagram @Meowholicid provide benefits in growing a close relationship between the account manager, and the Meowholic community with its followers. By utilizing the features in social media instagram, can create content in the form of means that refers to the vision and mission of the Meowholic community. This indicates instagram has great power and wealth as a communication medium.

Keywords: Instagram, Social Media, Community.

 

Abstrak. Melalui media sosial instagram, pengguna dapat berbagi foto atau video dengan pengguna lain karena menawarkan fitur-fitur menarik serta memiliki pengguna yang banyak, sehingga instagram sebagai media sosial menjadikan sarana interaksi atau media komunikasi secara tidak langsung dari pengunggah dan yang melihatnya. Hal tersebut dimanfaatkan oleh komunitas Meowholic, dengan mengelola account official instagram @Meowholicid yang diciptakan sebagai wadah online para pecinta kucing. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui latar belakang pemilihan instagram sebagai media komunikasi bagi para pecinta kucing, (2) mengetahui proses komunikasi yang dilakukan pengelola account kepada followers dalam mengelola account official instagram @Meowholicid sebagai wadah online para pecinta kucing, dan (3) mengetahui manfaat yang dirasakan oleh komunitas Meowholic pada penggunaan account official instagram @Meowholicid sebagai media komunikasi. Dalam penelitian ini mengacu pada metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi pada account official instagram @Meowholicid. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan account official instagram @Meowholicid memberikan manfaat dalam menumbuhkan hubungan yang akrab antara pengelola account, serta komunitas Meowholic dengan followers-nya. Dengan memanfaatkan fitur-fitur di media sosial instagram,  dapat menciptakan konten berupa sarana-sarana yang mengacu pada visi-misi komunitas Meowholic. Hal ini mengindikasikan instagram memiliki kekuatan dan kekayaan besar sebagai media komunikasi.

Kata Kunci: Instagram, Media Sosial, Komunitas.


Keywords


Instagram, Media Sosial, Komunitas.

Full Text:

PDF

References


Buku

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2009. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, Burhan. 2009. Sosiologi Komunikasi, Teori Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Cangara, Hafied . 2006.Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta :PT. Raja Grafindo Persada.

Kertajaya, Hermawan. 2008. Arti Komunitas. Jakarta: PT.Gramedia Pusaka Utama.

Wiryanto. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Jurnal

Daft,R and R. Lengel, “Organizational Informations Requirements,Media Richness and Structural Designâ€,Management Science,vol 32 N.5 554- 571,1986.

Lodhia,Summit K,â€The World Wide Web and Its Potential for Corporate Environmental Communication: A study Into Present Practices in The Australian Minerals Industry, The International Journal of Digital Accounting Research, Vol. 6,N.11,pp 65-94,2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10220

Flag Counter   Â