Analisis Kualitas Pelayanan Hotel Jayakarta Bandung dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd)
Abstract
Â
Abstrak. Saat ini, hotel bukan hanya dijadikan sebagai tempat menginap atau beristirahat saja, bahkan sering dijadikan sebagai tempat buka puasa bersama, berkumpul dengan teman-teman dan keluarga bagi hotel yang memiliki resto atau cafe, bahkan untuk resepsi pernikahan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) pada Hotel Jayakarta Bandung. Metode penelitian pada penelitian ini adalah metode studi kasus yaitu penelitian mengenai subjek penelitian yang berkaitan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan penelitian. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu bentuk penelitian dengan mengadakan analisis terhadap perbandingan antara data yang diperoleh dari objek penelitian dengan pengetahuan teoritis yang berhubungan erat dengan masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan Hotel Jayakarta Bandung memiliki keunggulan dari pada pesaingnya. Hal ini dapat dilihat dari penerapan upaya operasional dalam pelayanan hotel yaitu menyediakan fasilitas yang lengkap, interior & eksterior menggunakan jasa arsitektur , tersedianya media informasi yang lengkap (brosur/leaflet, website), lokasi yang strategis, tingkat keamanan yang tinggi, merawat kebersihan secara berkala, harga yang sesuai, kualitas makanan dan minuman, keramahan, kerapian dan kesopanan karyawan, karyawan cepat dan tepat dalam melayani pelanggan, karyawan mengetahui informasi hotel yang lengkap, kelengkapan fasilitas pembayaran, dan menyediakan fasilitas kotak saran.
Kata kunci: Metode Quality Function Deployment dan Kualitas Pelayanan Hotel Jayakarta Bandung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daft, Richard L. (2006). Manajemen, Edisi Keenam Jakarta: Salemba Empat.
Tjiptono, Fandy. (2006). Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi.
Gaspersz, Vincent. (2005). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Six Sigma Untuk Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Triguno. (1997). Budaya Kerja Menciptakan Lingkungan Kondusif Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Golden Terayon Press.
Ibrahim. (1997). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. (1997). Strategi Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.
Gronnro, C. (1990). Service And Marketing: Managing The Moment of Truth in Service Competition. Massachusetts: Lexington.
Adrian, Payne. (2000). Pemasaran Jasa. The Essence of Service Marketing. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. (2005). Strategi Pemasaram dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Fandy, Tjiptono. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indonesia Kelompok Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9078
  Â