Pengaruh Peringkat PROPER dan Good Corporate Governance terhadap Return On Asset pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015

Tsar Agung Al Amien, Dikdik Tandika, Azib Azib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Peringkat PROPER dan Good Corporate Governance terhadap Return on Asset. Variabel independen dalam penelitian ini antara lain diukur dengan Peringkat Proper dan Good Corporate Governance. Variabel dependen dalam penelitian diukur dengan Return on Asset. Untuk menguji hipotesis ini maka digunakan analisis regresi berganda. Data yang digunakan bersumber dari laporan tahunan dari 17 perusahaan manufaktur yang bertahan dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2015. Hasil dari pengujian data menunjukan bahwa Peringkat PROPER memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return on Asset. Sedangkan Good Corporate Governance tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Return on Asset.

Keywords


PROPER, Good Corporate Governance, Return on Asset

References


Bambang Riyanto , 2001, Dasar-dasar Pembelanjaan, Yogyakarta : BPFE

Boediono, Gideon SB. 2005. Kualitas Laba: Studi Pengaruh Mekanisme Corporate Governance dan Dampak Manajemen Laba dengan Menggunakan Analisis Jalur. Makalah Simposium Nasional Akuntansi VIII. Solo, 15-16 September 2005.

Brigham, Eguene F dan Joel F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Horne Van, James C dan Wachowicz, John M, 2005, Fundamental Financial Management : Dasar-dasar Manajemen Keuangan

Pflieger, J., Fischer, M., Kupfer, T., dan Eyerer, P. 2005. The Contribution of Life Cycle Assessment to Global Sustainability Reporting of Organization. Management of Environmental, Vol. 16 (2): 167-179.

Ulupui, I. G. K. A. 2007. Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman dengan Kategori Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol. 2 No. 1, Januari : 88– 102.

Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 18 tahun 2010 tentang Program PenilaianPeringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Keputusan Menteri BUMN Nomor 117/2001 menyebutkan pengertian dari prinsip-prinsip Good Corporate Governance




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8665

Flag Counter   Â