Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention (Survey pada Pelanggan Ozt Café And Steakhouse Bandung)

Hanifah Nurul Salam, Ratih Tresnati, Dede R. Oktini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menetahui bagaimana merancang customer experience di OZT Café and Steakhouse Bandung, untuk mengetahui tanggapan responden tentang customer experience di OZT Café and Steakhouse Bandung, untuk mengetahui tanggapan responden tentang repurchase intention di OZT Café and Steakhouse Bandung, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh customer experience  terhadap repurchase intention. Penelitian ini dilakukan pada OZT Café and Steakhouse Bandung dengan metode studi kasus dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah menggunakan SPSS. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang responden, dengan melakukan metode penelitian survey dan teknik penarikan sampel non probability accidential sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh customer experience terhadap repurchase intention dengan nilai p=0,000, koefisien korelasi sebesar 0,856 (R=0,856) dan koefisien determinasi sebesar (R2 ) 73,3% yang berarti terdapat pengaruh customer experience terhadap repurchase intention


Keywords


Customer Experience, Repurchase Intention

References


Andi Supangat. 2006. Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Pustaka

Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru.

Bandung: Rosda

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

(Edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Fredrick Alfian, dan Peggy Hariwan 2013. Analisis pengaruh

Customer Experience terhadap Minat Beli Ulang pada Wiki Koffie Bandung.

Garg, Ruchi and Zillur Rahman 2012. Measuring Customer Experience in Banks:

Scale Development and Validation . Journal of Modelling Management. Vol.9 No.1 pp 87-117.

Gentlie, Chiara, Nicola Spiller, and Giuliano Noci 2007. How to Sustain the

Customer Experience: An Operview of Experience Components that Co-create Value With the Customer. Europan Management Journal Vol.25, No. 5, 395410

Grewal, Roggeveen, Fan Tsiros 2008. The Effect of Compensation on

Repurchase Intention In Service Recovery. Journal of Retailling 84, 424-434

Hadiwidjaja, R.S. Dharmayanti, Diah. 2015. Analisa Hubungan Experiential

Marketing, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan Starbucks Coffee di Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 2, No.2

Hellier, Philip K, Geursen Gus M, Carr Rodney A, and Rickard John A. 2003.

Customer Repurchase Intention: A General Structural Equation Model. European Journal of Marketing, Vol.37, 1762-1800

Hendarso, Gersom dan Sugiono Sugiharto 2013. Analisa Pengaruh Experiental

Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Café Buntos 99 Siduarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.1 no.2 1-8

Husen, Umar. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis

edisi kedua. Jakarta: Rajawali Pers

Ika Pratama Kusumawati 2013. Analisis Pengaruh Customer Experience

terhadap Minat Beli Ulang (Studi kasis pada konsumen Restoran the House of Raminten Yogyakarta).

Ketajaya, Hermawan 2006. Boosting Field Marketing Performance From

Strategy to Execution Jakarta: Mizan Pustaka

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Alih bahasa Bob Sabran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta

Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Marketing Management 14th edition.

New Jersey: Pearson Education.

Meyer, C & Schwager, A. 2007. Understanding customer experience.

Harvard Business Review

Mufrino. 2016. Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention

(Survei Pada Konsumen Lisung The Dago Boutique Resto Bandung). Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia.

Prastyaningsih, Ayu Sari. Suyadi, Imam.Yulianto, Edy 2014.

Pengaruh Customer Experience terhadap Repurchase Intention (Niat Beli Ulang) (Survei pada konsumen KFC di lingkungan warga RW 03 desa Kandangrejo, Kedungpring, Lamongan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 16 No. 1 November 2014

Ratih Tresnati dan Ressy F. Yusalina 2009. Customer Experience Strategy

dalam upaya mendorong keputusan pembelian donuts. Studi kaus di j.co donuts & Coffee Bandung.

Robbinete, Scott and Claire Brand. 2001. Emotion Marketing: The Hall Mar

Way of Winning Customer for Life. New York. Mc Graw Hill

Schiffman, Leon G dan Lesli Laizer Kanuk. 2008. Perilaku konsumen.

Edisi Ketujuh, Pearson Prentice hall.

Schmitt, Bernd H. 2003. Customer Experience Management, A Revolutionary

Approach to Connecting With Your Customer. Hoboken, New Jersey : John Wiley & Sons, Inc

Schmitt. 1999. Experiential Marketing, How to Get Customer to

Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York : The Free Press.

Schmitt, Bernd H. 2003. Costumer Experince Management : A Revolutionary

Approach to Connecting with Your Costumer. New Jersey : John Wiley & Sons,Inc.

Senjaya Vivie 2013. Pengaruh Customer Experience Quality terhadap Customer

Statisfaction & Consumer Loyalty di Kafe Exelco Tunjungan Plaza Surabaya: Perspektif B2C. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol 1, no 1 2013 2-15

Smilansky, Shaz 2009. Eksperiental Marketing: A Practical Guide to Interactive

Brand Experiences. Universitas Indiana: Kogan Page

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Triyani Rahmadewi, Naili Farida, dan Reni Shinta Dewi 2015. Pengaruh CRM

dan Customer Experience terhadap Keputusan Pembelian Ulang melalui

Brand Trust pada PT NASMOCO Pemuda.

Vinsensius Ronald Tetanoe dan Diah Dharmayanti, S. M 2014. Pengaruh

Experiental Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening di Breadtalk Surabaya Town Square. Surabaya: Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, 1-2

Wijaya, Anneke. dan Dr.Hartono Subagio, 2014. Analisis Pengaruh Experiential

Marketing Terhadap Repeat Purchase Dengan Customer Satisfaction Sebagai Mediating Variable Di De Mandailing Cafe UC Boulevard Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran Vol. 2, No. 1, (2014) 1-9

Website:

dekulinermusic.wordpress.com

oztcafe.synthasite.com




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8529

Flag Counter   Â