Pengaruh Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying (Suatu Survey terhadap Konsumen Metro Dallas Plaza Bandung)

Nenden Indah Herawati, Ratih Tresnati, Nina Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Metro Dallas Plaza untuk meningkatkan Hedonic Shopping Motivation, untuk mengetahui tanggapan responden tentang Hedonic Shopping Motivation terhadap produk yang dijual di Metro Dallas Plaza, untuk mengetahui tingkat Impulse Buying terhadap produk yang dijual di Metro Dallas Plaza, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying. Penelitian ini dilakukan pada Metro Dallas Plaza Bandung dengan metode survei dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah menggunakan SPSS. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden, dengan melakukan metode penelitian survey dan teknik penarikan sampel insidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying dengan nilai p=0,000, koefisien korelasi sebesar 0,722 (R=0,722) dan koefisien determinasi sebesar (R2 ) 52,9% yang berarti terdapat pengaruh Hedonic Shopping Motivation terhadap Impulse Buying. 


Keywords


Hedonic Shopping Motivation, Impulse Buying

References


Arnold, M.j, dkk. 2003.Hedonic Shopping motivations.Journal of Retailing. Vol. 79, pp. 77-95

Cinjarevic, Merima , Srdan Petric, & Kasim Tatic. 2015. Hedonic Shopping and Impulse Buying. University of Sarajevo.

Goyette,Isabelle., Richard, Line., Bergeron,Jasmin., Marticotte,Francois.2010.

Michael Bosnjak, Ph.D. 2007. Measuring Impulsive Buying Tendencies in Croatia. Univesity of Mannhein, Germany.

Paramita, Niza, 2015. Pengaruh Motivasi Belanja Hedonik Terhadap Pembelian Impulsive Konsumen Matahari Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.

Sugiyono. 2013. Cetakan kedelapan belas. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Tresnati, Ratih , dkk. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis dengan Aplikasi SPSS. Mitra Wacana Media.

Utami, Christina. 2014. Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervaning Pada Area Ladies Matahari Department Store Kunjungan Plaza Surabaya. Universitas Kristen Petra.

Yanthi, Devi, dkk. 2014. Analisis Pengaruh Hedonic Shopping Tendency Dan Hedonic Shopping Motivation.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8521

Flag Counter   Â