Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Majalah Komik Re:ON di Bandung

Hanna Dwitaningrum Elsa, Ratih Tresnati, Septiana Ayu Estri Mahani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana citra merek yang dibangun oleh PT. Wahana Inspirasi Nusantara, selaku perusahaan yang menaungi majalah komik bermerek Re:ON Comics, (2) bagaimana tanggapan konsumen terhadap citra merek Re:ON Comics, (3)bagaimana keputusan pembelian konsumen terhadap majalah Re:ON Comics, dan (4) seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dimana responden telah membeli dan berlangganan Majalah Komik Re:ON, juga tergabung dalam komunitas ‘Reonites’ di Facebook. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara varaibel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian Majalah Komik Re:ON di Bandung.


Keywords


Brand Image, Purchasing Decisions, Re:ON Comics.

References


Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: ANDI.

Setiadi, Nugroho J. 2015. Perilaku Konsumen (Edisi Revisi). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. 2012. Marketing Management 14th Edition. New Jersey: Pearson.

Tirtaatmadja, Irawati, Nina Nurviana, dan Alvanov Zpalanzani. 2012. Pemetaan Komik Indonesia Periode Tahun 1995 – 2008. Jurnal Komunikasi Visual dan Multimedia Vol. 4 No. 1 Tahun 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8475

Flag Counter   Â