Pengaruh Penerbitan Obligasi dan Debt To Equity Ratio (Der) terhadap Return Saham di Bei Periode 2013-2016

Irpan Nawawi, Nurdin Nurdin, Azib Azib

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui perkembangan obligasi, mengetahui perkembangan Debt To Equity ratio (DER), mengetahui perkembangan return saham, mengetahui sejauh mana pengaruh Obligasi dan DER terhadap return saham secara parsial dan simultan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di BEI  dan menggunakan analisis regresi berganda yang diolah dengan SPSS. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 perusahaan penerbit obligasi dan DER dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian  ini menunjukkan adanya pengaruh Obligasi terhadap return saham sebesar 2,287, Artinya bahwa Obligasi Konvensional secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Dan adanya pula pengaruh Debt to equity Ratio  sebesar -1,420, Artinya bahwa Debt Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham.


Keywords


Penerbitan obligasi, DER, Return saham

References


Agung Hardinugroho. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi deviden payout ratio pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009- 2010. Fakultas Ekonomikan & Bisnis. Universitas Di Ponogoro. SEMARANG.

Ahmad, Gatot Nazir dan Mohammad Zakaria. 2011. Pengaruh Bond Rating Terhadap Imbal Hasil Saham di Bursa Efek Indonesia. Vol 2, No 1, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.

Arista dan Astohar. 2012. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Return

Brigham, et al. (1999). Intermediate Financial and Management. The Dyden Press: Fourth Edition

Corrado, C. J., dan B. D. Jordan. 2000. Fundamentals of Investment Analysis, 4th Ed. Singapore: Mc Graw-Hill.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta

Fakhruddin dan Sopian Hadianto. 2001. Perangkat dan Model Analisis Investasi di Pasar Modal. Buku satu. Elex Media Komputindo. Jakarta

Ghoniyah, N., Mutaminah, dan Widayati,J, 2008. Reaksi Pasar Modal Indonesia terhadap Pengumuman Penerbitan Obligasi Syariah, Simposium Nasional Akuntansi XI

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati. 2005. SPSS Versi 16 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Harahap, Sofyan Syafri, 2013, Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Cetakan Kesebelas, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta

Harahap, Sofyan Syafri, 2013, Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Cetakan Kesebelas, Penerbit Rajawali Pers, Jakarta.

Harahap, Sofyan, 2006. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama, Raja Grafindo Persada, Jakarta

I Made Wirartha. 2006. Metodologi Penetilian Sosial Ekonomi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Jones C.P. 2000. Investment: Analysis and Management (7th ed). New York: John Wiley & Sons

Kasmir & Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan ke Delapan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8472

Flag Counter   Â