Analisis Peramalan Penjualan Produk Tahu Putih Menggunakan Metode Adjusted Exponential Smoothing untuk Meminimumkan Kesalahan Peramalan pada Pabrik Tahu Tauhid Bandung

Dessy Rochmawati, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peramalan penjualan produk tahu putih yang dilakukan oleh Pabrik Tahu Tauhid dengan menggunakan metode Adjusted Exponential Smoothing dengan berbagai indikator kesalahan, diantaranya adalah menggunakan MAD, MSE dan MAPE. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara dan studi literatur. Peramalan penjualan dilakukan setelah mendapatkan informasi dan data penjualan periode Januari 2016 – Desember 2016 yang digunakan sebagai dasar data peramalan yang diperoleh dari perusahaan. Data analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Adjusted Exponential Smoothing melalui Microsoft Excel. Hasil penelitian menggunakan metode Adjusted Exponential Smoothing adalah Pabrik Tahu Tauhid meramalkan penjualan produk tahu putih berdasarkan besarnya permintaan pada bulan sebelumnya. Hasil peramalan penjualan dengan metode Adjusted Exponential Smoothing diperoleh pada α = 0,2 dan β = 0,2 menghasilkan kesalahan peramalan yang paling rendah berada pada indikator pengukuran  kesalahan MAD dan MAPE kecuali MSE.


Keywords


Peramalan, Adjusted Exponential Smoothing.

References


Daft, Richard L. 2012. Management. Jakarta. Salemba Empat.

Deitiana, Tita. 2011. Manajemen Operasional Strategi dan Analisa Services dan Manufaktur. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2010. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2011. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2015. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2017. “Operation Management Sustainability and Supply Chain Management”. Jakarta: Salemba Empat.

William J. Stevenson, Sum Chee Chuong. 2014. Manajemen Operasi. Jakarta : Salemba Empat




Flag Counter