Analisis Peramalan Penjualan Menggunakan Metode Exponential Smoothing Untuk Meminimumkan Kesalahan Peramalan Pada Penjualann Handphone Samsung Pada Samsung Experience Store Cihampelas Walk Bandung.

Mas Hilman Noviandipura, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


Objek penelitian dalam penyusunan tugas ini bertempat di Samsung Experience Store Cihampelas Walk Bandung. Tujuan dalam penelitian yaitu  membandingkan peramalan penjualan sebagai dasar dalam penentuan keputusan produksi dengan metode peramalan Exponential Smoothing dalam perspektif optimalisasi tingkat kesalahan. Metode penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah metode studi kasus yaitu  suatu penelitian mengenai subjek yang berkaitan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, yaitu mengenai jenis penelitian yang menggambarkan secara nyata perihal fenomena yang terjadi selama penelitian dengan data yang diperoleh periode waktu Januari – Desember tahun 2015 - 2016. Metode peralaman yang terbaik adalah dengan metode Exponential Smoothing untuk nilai α = 0.1 dengan nilai MAD = 18.64, MSE = 676.2, dan MAPE = 10%.   


Keywords


Peramalan, Exponential Smoothing.

References


Russel, Roberta S. and Taylor III, Bernard W. 2000. Operation Management International, Third Edition. New Jersey: Prentice – Hall International. Inc

Heizer, Jay and Barry Render. 2006. Manajemen Operasi, Alih Bahasa Dwianoegrahwati Setyoningsih dan Indra Almahdy. Jakarta: Salemba Empat.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Suugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Chase , Richard B., dan Aquilano, Nicholas J., 2012, Operational Management For Competitive Advantage, Irwin Homewood, Illinios.

Handoko, Hani T. (2003). Manajemen. Yogyakarta. Penerbit: BPFE

Heizer, Jay dan Barry Render., 2009, Prinsip-prinsip Manajemen Operasi, Edisi sembilan, Alih Bahasa Chriswan Sungkono, 2001, Salemba Empat, Jakarta

Taylotr, Bernard W dan Roberta S Russel, 2000, Operation Management International Edition, Third Edition, Prentice Hall.




Flag Counter