Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Bank Perkreditan Rakyat yang Beroperasi di Wilayah Kota dan yang Beroperasi di Wilayah Kabupaten Bandung

Putri Handayani, Nurdin Nurdin, Azib Azib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat perbedaan kinerja keuangan antara Bank BPR di Kota dan BPR di Kabupaten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank BPR yang beroperasi di wilayah Kota dan Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan pengumpulan laporan keuangan triwulan publikasi Bank BPR. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, independent sampel t-test dan mann-whitney. Hasil dari penelitian ini adalah pada Rasio CAR,ROA,BOPO dan LDR terdapat perbedaan yang signifikan antara BPR di Kota dan Kabupaten Bandung. Sedangkan Rasio NPL tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara BPR di Kota dan Kabupaten Bandung.


Keywords


Kinerja Keuangan, CAR (Capital Adequacy Ratio), NPL (Non Performing Loan), ROA (Return On Assets), BOPO (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional), LDR (Loan to Deposit Ratio)

References


Bastian, Indra dan Suhardjono., 2006. Akuntansi Perbankan, Salemba Empat, Jakarta

Fahmi, Irham, 2011. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Pertama, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Gitosudarmo, Indriyo, dan Basri, 2002. Manajemen Keuangan, edisi keempat, cetakan pertama, Yogyakarta.

Kasmir. 2008, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syukri Iska, 2012. Sistem Perbankan Syariah Di Indonesia dalam Perspektif Fikih Ekonomi, Fajar Media Press, Yogyakarta.




Flag Counter