Pengaruh Informasi Asimetri dan Ukuran Perusahaan terhadap kebijakan Dividen (Studi Kasus pada Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2015)

Cici Indra Nabila, Nurdin Nurdin, Azib Azib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Informasi Asimetri dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen. Variabel independen dalam penelitian ini antara lain Informasi Asimetri dan Ukuran Perusahaan menggunakan Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kebijakan Dividen. Untuk mencapai tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi, regresi dan koefisien determinasi. Data yang digunakan bersumber dari data-data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2008-2015. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji F-statistik bahwa Infromasi Asimetri dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen berpengaruh positif signifikan. Sedangkan untuk uji t-statistik menunjukan bahwa Infromasi Asimetri dan Ukuran Perusahaa pengaruh yang signifikan terhadap Kebijakan Dividen


Keywords


Infromasi Asimetri, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen,

References


Hanafi, Mamduh M. 2012. Manajemen Keuangan. edisi I. Yogyakarta: BPFE

Kuncoro, Mudrajat dan Suhardjono. 2011. Manajemen Perbankan. Yogyakarta: BPFE

Martono dan Harjito, Agus. 2005. Manajemen Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Keempat. Jakarta: Jala Sutia

Slamet, Riyadi. 2006. Banking Asset & Liabillity Management. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Edisi ke-2.

Sutrisno. 2007. Manajemen Keuangan: Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia

Taswan, 2006. Manajemen Perbankan Konsep Teknik Dan Aplikasi Banking Risk Assessment, Yogyakarta: UUP STIM YKPN.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8172

Flag Counter   Â