Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior pada PT. POS Indonesia (Persero) Kota Bandung (Bagian Sub Direktorat SDM)

Tiany Octaviana Mulyana, Dudung Abdurrahman, Aminudin Irfani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja, komitmen organisasi dan organizational citizenship behavior di PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Bandung (Bagian Sub Direktorat SDM). Serta untuk mencari seberapa besar pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior di PT. Pos Indonesia (Persero) Kota Bandung (Bagian Sub Direktorat SDM).  sampel yang digunakan yaitu 43 karyawan bagian sub direktorat SDM. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) tingkat kepuasan kerja berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 127,7 (65,65%). 2) Tingkat komitmen organisasi berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 129,58 (6,12%);. 3) Tingkat organizational citizenship behavior berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 139,18 (74,55%);. 4) Kepuasan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior ;. 5) Komitmen organisasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior; 6) kepuasan kerja dan komitmen organisasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior.


Keywords


Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Organizational Citizenship Behavior.

References


Effendi, Vera (2003). Hubungan antara kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior (OCB). Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Greemberg and Baron (2003). Behavior in organizations : understanding and managing the human side of work. New jersey : Pearson Education, inc.

Handoko, T. H. (2001). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua, Yogyakarta : BPFE

Mangkunegara.(2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung PT.Remaja Rosdakarya

Robbins, S. P. (2005). Organizational Behavior : Eleventh Edition. New Jersey : Pearson Prentice Hall

Sopiah.(2008). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi offset

Stephen P. Robbins dan Timothy A. Judge (2008). Perilaku Organisasi, Edisi 12 Buku 1.Jakarta : Salemba Empat

Paul E. Spector (2011) Industrial and organizational behavior. United States of America: laserwords private limited

Gita, A., M.As’ad, D., Diah, S. (2012). Pengaruh OCB terhadap Kepuasan Kerja pada Karyawan PT. Terminal Petikemas Surabaya. Jurnal Program Sarjana Universitas 17 Agustus 1945




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8102

Flag Counter   Â