Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Dual Banking System Antara Konvensional dan Syariah (Studi Kasus Pada TOP 3 Bank Terbaik, yaitu: Bank Mandiri, BRI dan BCA, pada periode 2013-2015)

Abdullah Irsyad Ikramullah, Dikdik Tandika, Azib Azib

Abstract


Peranan perbankan sangat penting begi kegiatan ekonomi. Karena bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang memiliki peranan penting didalam perekonomian suatu negara. Dengan berkembangnya dunia perbankan muncul bank yang berbeda dengan konvensional, yaitu bank syariah dan yang nantinya akan muncul dual banking system. Jaman globalisasi sekarang bank syariah makin berkembang. Bahkan dengan berkembangnya bank syariah ini membuat bank konvensional melakukan dual banking. Yaitu melakukan sistem perbankan dengan dua jasa yang berbeda sekaligus. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan sebuah bank pada sistem konvensional maupun sistem syariahnya perbankan yang menggunakan dual banking system. Dan melihat hasil perbandingannya antara kinerja keuangan perbankan konvensional maupun kinerja keuangan perbankan syariah yang makin berkembang saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah komparatif desktiptif dengan membandingkan kinerja keuangan perbaankan konvensional dan syariah pada bank yang menerapkan dual banking system. Untuk menghitung kinerja keuangan perbankan tersbut digunakan lima variabel, yaitu CAR, NPL, ROA, BOPO dan LDR. Sedangkan untuk menguji perbandingan kinerja keuangan digunakan uji statistik t uji beda rata-rata dengan tingkat keyakinan 95 persen.

Keywords


Dual Banking System, Kinerja Keuangan, Bank konvensional, Bank Syariah.

References


Heri Sudarsono, “Dampak Krisis Keuangan Global Terhadap Perbankan Di Indonesia : Perbandingan Antara Bank Konvensional Dan Syariah”. Vol Iii. No.1. Hal.12-13. Yogyakarta. La Riba

Kasmir. 2008. “Analisis Laporan Keuangan”. Edisi Pertama. Jakarta. Rajawali Pers.

Malayu Hasibuan. 2005. “Dasar-Dasar Perbankan”. Jakarta. Bumi Aksara

Zainul Arifin, M. B. A.2005.”Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah”. Hal. 1.Jakarta.Pustaka Alvabet




Flag Counter