Pengaruh Store Athmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen Café Vanilla Kitchen Bandung)

febianti shaumma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan Store Athmosphere pada Café Vanilla Bandung (2) bagaimana tanggapan responden tentang pelaksanaan Store Athmosphere pada Café vanilla (3) bagaimana keputusan pembelian konsumen Café vanilla (4) bagaimana pengaruh Store Athmosphere terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang gunakan adalah teknik incidental sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Cafe Vanilla.Sampel yang diambil adalah   konsumen café vanilla dengan jumlah 100 responden.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman Kuesioner. Metode Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Store Athmosphere pada  Café Vanilla masuk dalam kriteria cukup, nilai rata-rata tertinggi pada variabel X (Store Athmosphere) berada pada indikator warna interior pada ruangan dan nilai rata-rata terendah pada indikator pencahayaan didalam ruangan.Secara umum variabel Y (Keputusan Pembelian) nilai rata-rata tertinggi pada indikator lokasi dan nilai rata-rata terendah pada indikator jumlah pembelian dan terkenalnya merek. Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara Store Athmosphere terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Store athmosphere, keputusan pembelian.

References


Levy, Michael & Weitz, Barton A., (2012). Retailing Management.New York, America: McGraw-Hill/Irwin.

Levy &Weitz 2014. Retail Management,9th edition. United States Of America:

McGraw-Hill International.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2012, Marketing Management 13. New Jersey : Pearson Prenticfe Hall, Inc.

Christina Widya Utami. 2014. Manajemen Ritel, Edisi 2, Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13.New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Levy, Michael & Weitz, Barton A., (2009). Retailing Management. NewYork, America: McGraw-Hill/Irwin

Levy & Weitz 2014. Retail Management, 9th edition. United States Of America: McGraw-Hill International.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. CV. Alfabeta.Uma

Cindy Desyaana. 2013. Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Texas Chicken Multimart II Manado. Universitas Sam Ratulangi Vol 1 no 3.

Riaz Hussain, Mazhar Ali. 2015. Store Atmosphere On Consumer Purchase Intention. Institute Of Science & Technology Pakistan Vol 7 No 2.

Tresnati, Ratih, dkk. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis dengan Aplikasi SPSS. Mitra Wacana Media.

Restu Aji. 2015. Pengaruh Store Atmosphere, Keragaman Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mirota Batik Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Lily Harlina, Srikandi, Andriani. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan Studi Pada Monopoli Café Malang. Universitas Brawijaya Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8074

Flag Counter   Â