Optimalisasi Waktu Penyelesaian Proyek Pembangunan Gedung Pemasaran Menggunakan Metode Jalur Kritis (Studi Kasus Cv. Barajaya Alumunium Cicalengka 2017)

Suci Maryati, Muhardi Muhardi, Nining Koesdiningsih

Abstract


Dalam sebuah kegiatan proyek pembangunan gedung ada beberapa hal yang harus di lakukan jauh sebelum proses pelaksanaannya di kerjakan agar proses pelaksanaan proyek tersebut dapat di kerjakan secara optimal. Perencanaan, penjadwalan dan pengendalian proyek sangat menentukan atas keberhasilan dalam pembangunan tersebut, hal ini sering kali menjadi penyebab keterlambatan dalam penyelesaian proyek tersebut. Penjadwalan pada proyek pembangunan gedung ini berguna sebagai pedoman serta pegangan perusahaan dan pihak pelaksanaan lapangan dalam mengendalikan kegiatan-kegiatan pada proyek, sehingga proyek tersebut dapat dilaksanakan dengan efektif dan juga lebih efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan waktu penyelesaian proyek pembangnan gedung terhadap perusahaan pelaksana akan kegiatan-kegiatan yang seharusnya diprioritaskan guna mencapai optimalisasi waktu penyelesaian proyek. Dengan menggunakan Network Planning dalam Metode Jalur Kritis  bermaksud memberikan gambaran terhadap perusahaan dalam segi waktu pelaksanaan penyelesaian proyek pembangunan gedung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perusahaan selama ini belum efektif dalam sistem penjadwalanya. Hal ini dapat d lihat dan ukur dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa penyelesaian proyek pembangunan gedung pemasaran menggunakan Metode Jalur Kritis  jauh lebih cepat di bandingkan dengan penjadwalan yang dilakukan oleh perusahaan.


Keywords


Penjadwalan, Network Planning, Metode Jalur Kritis

References


Badri, Sofwan. 2002. Dasar – Dasar Network Planning. Jakarta: Rineka Cipta.

Drs. Herry Prasetya & Fitri Lukiastuti, S.E., M.M. 2009. Manajemen Operasi. Yogyakarta: MedPress (Anggota IKAPI).

Eddy Herjanto. 2008. Manajemen Operasi. Jakarta: Grasindo.

Ervianto, Wulfram I. 2002, Manajemen Proyek Konstruksi Edisi Pertama. Yogyakarta: Salemba Empat.

F. Robert Jacob Ricad B. Chase. (2011). Manajemen Operasi dan Rantai

Pasokan, 14th Global Edition. Jakarta : Salemba Empat.

Gray, C.F., & Larson, E.W. (2006), Project Management: The managerial process, 3rd eds., Mc Graw-Hill Companies, Inc, Oregon, USA

Heizer, Jay dan Barry Rander (2009), Manajemen Operasi, Buku 1 Edisi 9. Jakarta : Salemba 4.

Heizer, J. Dan Render, B. (2011). Operasion Management, Global Edition 10th Edition. New Jersey : Pearson Education Inc.

Heizer, J. dan Render, B. 2006. Manajemen Operasi, Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Herjanto, Eddy. (2007). Manajemen Operasi. Jakarta : Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7871

Flag Counter   Â