Analisis Sistem Antrian dengan Menggunakan Metode Single Channel - Multi Phase untuk Meminimumkan Waktu Tunggu pada Grapari Digilife Dago Bandung

irsalia Sahrina Fitri, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja sistem antrian pelanggan dan mengetahui jumlah customer service yang optimal untuk melayani pelanggan dengan menggunakan sistem antrian alternatif dan model tingkat aspirasi menggunakan Multi Channel-Multi phase System pada Grapari Digilife. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Hari dan waktu penelitian yaitu lima hari selama jam 12.00 hingga jam 17.00 dan terdapat tiga fasilitas counter customer service di Grapari Digilife. Situasi antrian yang cukup sibuk terdapat pada hari Selasa dan Jumat, tingkat kesibukan customer service () pada hari Selasa sebesar 90 dan Jum’at 93 waktu yang dihabiskan pelanggan untuk menunggu (Wq) 23,3 menit pada hari Selasa dan 30,4 menit pada hari Jum’at waktu menunggu pelanggan dalam sistem antrian (Ws) sebesar 31,2 menit pada hari selasa dan 37,68 menit untuk hari Jumat, setelah dilakukan penambahan counter menjadi empat memberikan kinerja antrian yang lebih baik dengan ( untuk hari Selasa dan 70untuk hari Jum’at. (Wq) 2,39 menit pada hari Selasa dan 2,56 menit untuk hari Jum’at. Waktu tunggu pelanggan dipersingkat menjadi (Ws) 9,84 menit pada hari Selasa dan Jumat.


Keywords


Model Antrian Multi Channel, Multi Phase, Model Pelayanan ganda

References


Assauri, Sofyan. 2000. Manajemen: Jakarta: PT.Grafindopersada.

Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE

Handoko, T. Hani.(2000:3). Manajemen Produksi dan Operasi, BPFE, Yogyakarta

Heizer, Jay dan Render, B. 2004. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Heizer, Jay dan Render, B. 2008. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Krajewski, Lee J., Larry P. Ritzman, 2002, Operations Management (Strategy and

Analysis), 6th ed., New Jersey: Prentice Hall.

Krajewski, Lee P. and Larry P. Ritzman. 2004 Operation Management:

Processed and Value Chains. New Jersey: Prentice Hall.

Ma’arif, Syamsul dan Hendri Tanjung. (2003). Teknik-teknik kuantitatif Untuk

Manajemen, Jakarta.

Russel, R.S and Bernard W. Taylor III. 2006. Operations Management : Quality

and Competitiveness in A Global Environment, edisi kelima. New York :

Jhon Willey And Sons Inc.

Siswanto, (2007), Operation Research. Jakarta: Erlangga.

Stoner, James A.F. (2003). Manajemen. Jilid I. Edisi Keenam. Jakarta: Salemba

Empat

Taha, Hamdy. (2003). Riset Operasi. Edisi Kelima. Jilid 2. Jakarta: Binarupa

Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7846

Flag Counter   Â