Optimalisasi Proyek Instalisasi Listrik di Hotel Aloft Jakarta dengan Menggunakan Metode Lintasan Kritis Guna Meminimumkan Biaya Pada Pt. Pilar Garba Inti

Riky Rinaldi Aria, Muhardi Muhardi, Nining Koesdiningsih

Abstract


Proyek instalisasi listrik adalah suatu kegiatan yang memiliki jangka waktu dalam penyelesaiaannya. Suatu proyek instalisasi listrik dikerjakan dengan perencanaan yang matang agar proyek selesai sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Penjadwalan proyek adalah suatu bentuk perencanaan proyek yang dibuat dengan tujuan agar proyek selesai tepat waktu. Critical Path Method (CPM) adalah salah satu metode yang digunakan untuk membuat penjadwalan proyek. Metode penjadwalan proyek ini menggunakan pendekatan deterministik. Sering dalam suatu proyek terjadi keterlambatan dalam penyelesaiaannya karena faktor – faktor yang tidak diperhitungkan sebelumnya sehingga kontraktor perlu membuat alternatif lain dalam pengerjaan proyek agar selesai sesuai dengan rencana. Salah satu alternatif untuk mempercepat penyelesaian proyek adalah dengan penambahan tenaga kerja sehingga membutuhkan biaya lebih besar dari perencanaan sebelumnya agar proyek selesai tepat waktu. Penelitian ini akan mengkaji bagaimana penjadwalan proyek dapat dibuat pada instalisasi listrik di hotel aloft Jakarta dengan menggunakan metode CPM.

Keywords


Penjadwalan, Critical Path Method, CPM, percepatan proyek, biaya

References


Handoko, T.H.. 1999. Dasar-dasar Manajemen Produksi Dan Operasi, Edisi Pertama. BPFE : Yogyakarta.

Hartawan, Harry. n.d. “Analisis Keterlibatan Manajemen Proyek dalamProses Perencanaan dan Pengendalian Proyek Selama Pelaksanaan Konstruksiâ€. http://www.digilib.ui.ac.id/opac/themes/libri2/detail.jsp?id=80787.

www.google.com.

Hayun, Anggara. 2005. “Perencanaan dan Pengendalian Proyek dengan Metode PERT-CPM : Studi Kasus Fly Over Ahmad Yani, Karawang.†Journal The Winners, Vol. 6, No.2.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2005. Operations Management : Manajemen Operasi. Jakarta : Salemba Empat.

Maharany, Leny dan Fajarwati. 2006. “Analisis Optimasi Percepatan Durasi Proyek dengan Metode Least Cost Analysis.†Utilitas, Vol. 14, No. 1.

Sandyavitri, Ari. 2008. “Pengendalian Dampak Perubahan Desain Terhadap Waktu dan Biaya Pekerjaan Konstruksiâ€. Jurnal Tehnik Sipil.

Soeharto, Iman. 1995. Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta : Erlangga.

Soeharto, Iman. 1999. Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta : Erlangga.

Badri, S. 1997. Dasar-dasar Network Planing. Jakarta : PT Rika Cipta.

Muhardi. 2011. Manajemen Oprasi. Bandung : Reflika Aditama

Ervianto, Wulfram I. (2007). Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi.

Yogyakarta: Andi Offset.

Herjanto, E. (2008). Manajemen Operasi. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7652

Flag Counter   Â