Analisis Prediksi Financial Distress dengan Metode Zmijewski dalam Menilai Kinerja Keuangan (Studi Kasus pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015)

Rike Nur Qurani, Nurdin Nurdin, Azib Azib

Abstract


Financial distress sebagai tahap penurunan kondisi keuangan yang terjadi sebelum terjadinya kebangkrutan. Financial distress dimulai dari ketidakmampuan dalam memenuhi kewajiban-kewajibannya, terutama kewajiban yang bersifat jangka pendek termasuk kewajiban likuiditas dan juga termasuk kewajiban dalam kategori solvabilitas.Tujuan penelitian ini adalah untuk memprediksi financial distress dengan menggunakan model zmijewski dalam menilai kinerja keuangan perusahaan. Metode yang digunakan adalah purposive sampling yang mana populasi yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan tekstil dan garmen yang terdaftar di BEI periode 2011-2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil pengamatan ini diketahui bahwa model zmijewski mampu menganalisis prediksi financial distress dalam menilai kinerja keuangan perusahaan.


Keywords


financial distress, likuiditas, solvabilitas, model zmijewski, kinerja keuangan.

References


Dafi Qisthi, Suhadak, dan Siti Ragil Handayani, (2013) , Analisis X-Score (Model Zmijewski) Untuk Memprediksi Gejala Kebangkrutan Perusahaan pada Industri Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011, Jurnal Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya , Hal 1-10.

Dermawan, Sjahrial, (2007) ,Manajemen Keuangan Lanjutan, Edisi Pertama, Mitra Wacana, Jakarta.

Gitman, Lawrence J, Chad J Zutter (2010), principles of Management Finance, Pearson.

Irham, Fahmi, (2012) , Analisis Kinerja Keuangan , Edisi Kesatu , ALFABETA, Bandung.

Munawir S. (2010). Analisa Laporan Keuangan , Penerbit UPP-AMP YKPN, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7580

Flag Counter   Â