Analisis Perencanaan Persediaan Bahan Baku pada Produk Baju Muslim Gamis Anak Perempuan dengan Menggunakan Metode Mrp (Material Requirement Planning) untuk Meminimumkan Biaya Persediaan di Pt Cutetrik Cimahi

Anggie Prasetya, Muhardi Muhardi, Nining Koesdiningsih

Abstract


Produsen baju muslim di Indonesia saat ini sangat banyak dengan berbagai model yang sangat digemari oleh banyak konsumen, sedangkan produsen yang memproduksi baju muslim khusus anak masih relatif sedikit. PT Cutetrik merupakan salah satu perusahaan konveksi yang memproduksi baju muslim khusus wanita dewasa dan anak perempuan. Namun yang menjadi fokus utama dari perusahaan ini memproduksi baju muslim untuk anak-anak perempuan. Penelitian dilakukan dengan mencoba menerapkan metode Material Requirement Planning untuk merencanakan persediaan bahan baku. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan teknik lot sizing yaitu metode LFL dan metode PPB yang bertujuan untuk meminimumkan biaya persediaan serta menjadwalkan waktu pemesanan bahan baku yang optimal. Untuk dapat menerapkan Material Requirement Planning, dibutuhkan beberapa data, yaitu data permintaan dua periode kebelakang (data history) yang akan diolah untuk melakukan forecasting, Master Production Schedule, Bill Of Material, dan Inventory Record. Hasil penelitian ini bahwa, sistem perencanaan persediaan bahan baku menggunakan metode Material Requirement Planning dengan menggunakan dua metode lot sizing hasil yang diperoleh adalah metode PPB lebih efisien dari pada LFL. Total biaya pemesanan dari kedua metode tersebut yaitu, LFL sebesar Rp. 448.000, dan PPB sebesar Rp. 225.114.


Keywords


Metode Material Requirement Planning, Waktu Pemesanan Bahan Baku, Meniminumkan Biaya Persediaan

References


Anisa, A. (2011). Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Pada Proses Produksi Karung Plastik Dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP) Pada PT Hardo Solo Plast Surakarta. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Assauri, S. (2016). Manajemen Operasi Produksi Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Astana, I. N. (2007). Perencanaan Persediaan Bahan Baku Berdasarkan Metode MRP (Material Requirement Planning). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Volume 11 Nomor 2 Hal. 184-194.

Bahagia, S. N. (2006). Sistem Inventory. Bandung: ITB (Institut Teknik Bandung).

Danny Suryansyah Prima, N. W. (2013). Penerapan Sistem MRP Untuk Pengendalian Persediaan Bahan Baku Animal Feedmill Dengan Lot Sizing Berdasarkan Algoritma Wagner-Within Dan Silver-Meal (Studi Kasus: PT. Sierad Produce, Tbk.). Jurnal Teknik Industri. Universitas Brawijaya. Malang, hlm 896-906.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gantini, S. (2007). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Untuk Mendukung Kelancaran Proses Produksi Dengan Menggunakan Model Jumlah Pesanan Ekonomis (Kasus pada CV. Mitra Budaya di Bandung). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Bandung. Bandung.

Harsanto, B. (2013). Dasar Ilmu Manajemen Operasi. Bandung: UNPAD PRESS.

Herjanto, E. (2007). Manajemen Operasi Edisi Ketiga Cetakan ke 6. Jakarta: PT Grasindo.

Hildaria Mbota, C. T. (t.thn.). Perencanaan Persediaan Bahan Baku dan Bahan Bakar dengan Dynamic Lot Sizing (Studi Kasus: PT Holcim Indonesia Tbk, Tuban). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, Volome 03 Nomor 01.

Kusuma, H. (2004). Manajemen Produksi Perencaan dan Pengendalian Produksi, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Cetakan kesembilan . Bogor: Ghalia Indonesia .

Nurnajamuddin, M. H. (2011). Buku 1 Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa, edisi kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurnajamuddin, M. H. (2012). Buku 2 Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa, edisi kedua, cetakan pertama. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Render, J. H. (2001). Prinip-Prinsip Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Render, J. H. (2016). Manajemen Operasi Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasok edisi 11 cetakan kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Riandadari, A. P. (2013). Perencanaan Persediaan Bahan Baku Untuk Memperlancar Proses Produksi di PT Lotus Indah Textile. Jurnal Teknik Mesin, Volume 01 Nomor 02 116-123.

S, R. F. (2014). Penerapan Material Requirement Planning (MRP) dalam Perencanaan Persediaan Bahan Baku Produk Botol DK 8211 B di PT. Rexam Packaging Indonesia. Jurnal Teknik Mesin, Volume 03 Nomor 01 71-79.

Suhartini, J. P. (2014). Perencanaan Kebutuhan Material Dengan Metode Material Requirement Planning. Jurnal Teknik Industri, 190-200.

Sumayang, L. (2003). Dasar-Dasar Manajemen Produksi & Operasi, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Surianto. (2013). Penerapan Metode Material Requirement Planning (MRP) di PT. Bokormas Mojokerto. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Konsentrasi Manajemen Operasional.

Susanto, H. (2011). Penerapan Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dalam Meningkatan Efisiensi Biaya Persediaan Pada PT Mitra Rajawali Banjaran, Bandung. Skripsi Fakultas Ekonomi Manajemen, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Ummiroh, I. R. (2013). Analisis Penerapan Material Requirement Planning (MRP) Pada Pennyellow Furniture. Skrpsi Fakultas Ekonomi, Universitas Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7567

Flag Counter