Pengaruh Enterprise Multiple Terhadap Average Stock Return (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2015)

Rizki Novianti, Nurdin Nurdin

Abstract


Return saham adalah tingkat pengembalian yang diharapkan oleh investor dari keuntungan saham dalam bentuk laba, return saham yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dalam bentuk capital gain. Terdapat dua jenis multiple yaitu enterprise multiple dan equity multiple, pada penelitian ini yang digunakan adalah enterprise multiple dengan menggunakan earning before interest tax depreciation and amortization (EBITDA) sebagai penyebutnya.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari enterprise multiple terhadap average stock return. Berdasarkan fenomena tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh enterprise multiple terhadap average stock return? Metode yang digunakan adalah purposive sampling yang mana populasi yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 31 perusahaan sektor aneka industri periode 2012-2015. Metode yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengamatan ini secara parsial variabel enterprise multiple berpengaruh secara signifikan terhadap average stock return.

 


Keywords


enterprise multiple, average stock return, capital gain, multiple, earning before interest tax depreciation and amortization (EBITDA).

References


Arifin, Ali. 2002. Membaca Saham. Jakarta : Pt Raja Gramedia

Damodaran, A. 2006. Damodaran On Valuation: Security Analysis For Investment And/Corporate Finance 2nd Edition. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Damodaran, A. 2012. Investment Valuation: Tools And Techniques For Determining The Value Of Any Assets 3rd Edition. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Daves,P.R., Ehrhardt, M.C., Shrieves, R.E. 2004. Corporate Valuation: A Guide For Managers And Investors. Independence, KY: South Western

Jogianto, S.H. 2003. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi Edisik Ke-3. Yogyakarta: Bpfe




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7489

Flag Counter   Â