PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESONSIBILITY (CSR), GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG), DAN INTELLECTUAL CAPITAL (IC) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN METODE TOBIN’S Q PADA PERUSHAAN SRI-KEHATI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2009-2013

Winne Tri Puji Lestari, Azib Azib, Nurdin Nurdin

Abstract


INTISARI

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Corprate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG), dan Intellectual Capital (IC) terhadap Nilai Perusahaan dengan menggunakan metode Tobin’s Q  pada perusahaan SRI-KEHATI yang terdaftar di BEI tahun 2009-2013 baik secara parsial maupun secara simultan.

Dalam penelitian ini Corporate Social Responsibility diukur dengan menggunakan pengungkapan CSR, Good Corporate governance diukur dengan menggunakan Corporate Governance Perception Index (CGPI), Intellectual Capital diukur dengan metode VAIC dan nilai perusahaan diukur dengan metode Tobin’s Q. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdapat pada indeks SRI-KEHATI yang terdaftar  di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode perdagangan Mei sampai dengan Oktober 2014. Dan dengan metode purposive sampling, diperoleh 7 perusahaan SRI KEHATI yang menjadi sample dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  analisis regresi berganda.

Dan hasil analisis membuktikan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG), dan Intellectual Capital (IC) terhadap nilai perusahaan. Namun secara parsial hanya Intellectual Capital yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci : Pengunkapan CSR, Corporate Governance Perception Index, VAIC,dan Nilai Perusahaan




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.742

Flag Counter   Â