Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan di Distro Crossoverbdg

Muhammad Zikri Abdurachman, Dede R Oktini, Septriana Ayu Estri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kualitas produk yang dilakukan oleh CrossoverBDG, untuk mengetahui tanggapan pelanggan tentang kualitas produk yang dihasilkan oleh CrossoverBDG, untuk mengetahui loyalitas pelanggan terhadap produk CrossoverBDG, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan Distro CrossoverBDG. Penelitian yang dilaksakan ini bersifat deskriptif dan verifikatif, dimana deskriptif bertujuan untuk menjelaskan suatu kejadian, dan verifikatif bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara dan kuisioner sehingga memberikan gambaran yang jelas atas objek yang diteliti dan kemudian ditarik kesimpulan. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Distro CrossoverBDG. Sampel yang diambil adalah pelanggan Disro CrossoverBDG dengan jumlah 100 responden. Hasil penelitian  ini menunjukkan adanya pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi sebesar  0.853 (R = 0.853), dan koefisien determinan (R-Square/R2) sebesar 72,8%. Artinya tAerdapat pengaruh antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan


Keywords


Kualitas produk, Loyalitas pelanggan

References


Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa . Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong, P. K. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan. jakarta: erlangga.

Boyd, H. W. (2000). Manajemen Pemasaran edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

David, D. (2002). MAnajemen Agribisnis, buku keempat. Jakarta: Erlangga.

Gaspersz, V. (2008). Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Griffin, R. W. (2007). Jilid 1. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

grifin, j. (2002). customer loyalty. jakarta: erlangga.

Gunarsih, M. F. (2004). pengaruh atribut produk dan minat konsumen terhadap loyalitas konsumen (Studi kasus pada AJB Bumiputera). Jurnal Ekonomi ManajemenSsumber daya.

Huriyyati, R. (2005). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas konsumen . Jakarta: Salemba Empat.

Hurriyati, R. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Hutomo, A. (2009). Pengaruh Kualitas Produk Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Makanan Tela Krezz Cabang Bekasi. Jurnal Marketing.

Kotler, Philip, dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi kedua belas jilid 1, dialih bahasakan oleh Benjamin Molan. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler,Philip, dan Keller. (2009). manajemen pemasaran jilid 1 edisi ketigabelas terjemahan bob sabran, MM. jakarta: erlangga.

Kotler, Philip, dan Keller. (2012). Marketing Management 14 th Edition. United States Of America: Pearson.

Kotler, Philip, dan Keller. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Erlangga.

Kotler, Philip . (2002). Marketing Management (6 th Edition) . New Jersey : Prentice Hall Inc. Publishing.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid satu, Edisi Kesebelas, Alih Bahasa Benyamin Molan. jakarta: Indeks.

Kotler, Philip., & Armstrong, G. (2006). prinsip-prinsip Pemasaran edisi keduabelas. jakarta: erlangga.

Kotler, Philip, Garry , & Armstrong. (2012). Principles Of Marketing. New Jersey: Prentice hall.

Lupiyoadi, A. H. (2009). Manajemen pemasaran jasa Edisi Kedua . Jakarta: Salemba Empat.

Mullins, O. L. (2005). Marketing Management. new york: Mc.Graw-Hill.

Nasution, M. N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu Total service Management . Bogor: PT. Ghalia Indonesia.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Ratih, H. (2008). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV. alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.

Tunggal, A. W. (2008). Dasar-dasar Customer Relationship Management. Jakarta: Haryarindo.

William, J. S. (2006). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Mandar maju.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7355

Flag Counter   Â