Pengaruh Keselamatan-Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Kerja Sosial terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Sygma Examedia Arkanleema Bandung

Johan Rizal Darmawan, H Aminuddin Irfani, Dudung Abdurrahman

Abstract


Persaingan di dunia bisnis sudah semakin ketat, beragam perusahaan pesaing baru, mulai tumbuh, sebagai perusahaan besar di Bandung, PT Sygma meemberikan beberapa strategy untuk dijalankan. Sayangnya saat ini karyawan mulai mengeluh dengan beban kerja yang semakin hari semakin capek, hal terrsebut ditambah factor lingkungan kerja yang mulai tidak kondusif, hal tersebut dibuktikan dengan  menurunnya tingkat produktifitas karyawan. Kepuasaan kerja karyawan menjadi hal penting, terlebih bagaimana dampak emosional yang tak terlihat bisa membangkitkan atau menghancurkan suasana karyawan. Dua factor penting dalam penelolaan kepuasan kerja adalah program keselamatan dan kesehatan karyawan serta lingkungan kerja social. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh dari K3  dan lingkungan kerja sosial terhadap kepuasan karyawan pada PT Novatex. Metode dan jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan uji sampel sebanyak 76 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket kuesioner dengan analisis data Linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa factor-faktor yang dijadikan variable penelitian  memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap kepuasan kerja karyawan,  Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi liniear berganda dengan alat bantu software komputer SPSS 20.0 for windows. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran lingkungan  kerja sosial dalam kategori baik, gambaran keselamatan dan kesehatan kerja dalam kategori baik, gambaran kepuasan kerja dalam kategori baik,  kepuasan kerja dipengaruhi secara positif oleh lingkungan  kerja sosial, kepuasan kerja dipengaruhi secara positif oleh keselamatan dan kesehatan kerja, kepuasan kerja dipengaruhi secara positif oleh lingkungan  kerja sosial dan keselamatan dan kesehatan kerja. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan sebagai dasar untuk dilakukannya penelitian lain mengenai lingkungan  kerja sosial dan keselamatan dan kesehatan kerja dengan indikator dan objek yang berbeda.


Keywords


keselamatan dan kesehatan kerja, lingkungan kerja kepuasan kerja

References


Mathis, Robbert L dan Jackson, W. 2006. Human Resources Development (Track MBA series/terjemahan). Jakarta; Prestasi Pustaka.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Nitisemito. Alex S. 2005. Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kelima. Jakarta: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7336

Flag Counter   Â