Pengaruh Sistem Informasi Manajemen (Simpeg) dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pln (Persero) Bandung Distribusi Jawa Barat dan Banten

Lutvi Legi Maulana, Sri Suwarsi, Dudung Abdurrahman

Abstract


Penelitian skripsi ini bertujuan untuk, pertama memahami tanggapan karyawan PT. PLN (Persero) Bandung terhadap sistem informasi manajemen pegawai, kedua memahami tanggapan karyawan PT. PLN (Persero) Bandung terhadap lingkungan kerja, ketiga menganalisis bagaimana kinerja karyawan di PT. PLN (Persero) Bandung dan yang keempat menganalisis bagaimana pengaruh sistem informasi manajemen pegawai terhadap kinerja karyawan dan bagaimana menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. PLN (Persero) Bandung. Populasi dalam penelitian ini adalah berfokus pada bagian divisi sumber daya manusia dan organisasi pada PT. PLN (Persero) Bandung yang berjumlah 34 karyawan. Variabel bebas yang dikaji dalam penelitian ini adalah sistem informasi manajemen pegawai (SIMPEG) (X1), lingkungan kerja (X2), sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja karyawan (Y). pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis Deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa sistem informasi manajemen pegawai pada PT. PLN (Persero) Bandung telah berjalan baik, untuk lingkungan kerja pada PT. PLN (Persero) Bandung berjalan dengan baik, sedangkan kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Bandung pun dinilai berjalan dengan baik, dan pengaruh sistem informasi manajemen pegawai terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Bandung sebesar 46,% dan sisanya 53,9% dipengaruhi oleh faktor lain, sedangkan pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 25,3% dan sisanya 74,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya di luar variabel sistem informasi manajemen pegawai dan lingkungan kerja.

Keywords


Lingkungan kerja, sistem informasi manajemen, penelitian kepustakaan (library research), penelitian lapangan (field research)

References


Bagus Kisworo. (2012). Hubungan Antara Motivasi, Disiplin, dan Lingkungan Kerja dengan Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sanggar Kegiatan Belajar Eks Karasidenan Semarang Jawa Tengah. Tesis. UNY.

Eko. 2011. Pengaruh Stressor, Kepuasan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Putra Dharma Industri Pulogadung Jakarta Timur.

Mangkunegara, Anwar P., 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, 2006. Analisis Faktor-faktor yang pempengaruhi Kinerja Karyawan (Studi Empiris pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Cabang Bandung). Jurnal Manajemen. 2(1): h:1-13.

Setiawan Thea, 2006. Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian. http://simpeg.blogspot.com/

Rahmawati, Dessy Ari, dan Setyo Dekeng, “ Pengaruh Kualitas Informasi dan Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Serta Kinerja Pengguna Sistem Informasi pada PT. KAI (Persero) DAOP VI Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Universittas PGRI Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7294

Flag Counter   Â