Pengaruh Degree of Operating Leverage dan Degree of Financial Leverage Terhadap Risiko Sistematis Saham (studi kasus pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2012-2015)

Riska Sandita, Dikdik Tandika, Azib Azib

Abstract


Risiko Sistematis Saham merupakan risiko pasar atau risiko yang dipengaruhi oleh faktor makro, namun sangat sensitif terhadap faktor fundamental perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Degree of Operating Leverage dan Degree of Financial Leverage terhadap Risiko Sistematis Saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2012 – 2015. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 30 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2012 - 2015, dan penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sehingga sampel penelitian ini berjumlah 10 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi dengan taraf signifikansi sebesar 5%.Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel DOL sebesar 15%  dan DFL sebesar 11,2% terhadap Risiko Sistematis Saham. Sementara secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel DOL dan DFL sebesar 26,2% terhadap Risiko Sistematis Saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2012 – 2015. 


Keywords


Degree of Operating Leverage, Degree of Financial Leverage dan Risiko Sistematis Saham

References


Bram Hadianto dan Law Tjun TJun .2009.“Pengaruh Leverage Operasi, Leverage Keuangan dan Karakteristik Perusahaan terhadap Risiko Sistematis Saham pada Emiten sektor pertambangan di BEI.â€

Brigham, Eugene F dan Houston, Joel F. 2011.Essential of Financial Management.Dasar- Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11. Buku1. Terjemahan Ali Akbar Yulianto. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, Lydia Indah. 2001. “Analisis Faktor-Faktor Fundamental yang Mempengaruhi Beta Saham Perusahaan Yang Tergabung Dalam Saham LQ45 pada Bursa Efek Jakartaâ€. Sivitas Akademika Universitas Esa Unggul.

Jogiyanto, Hartono. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Ketujuh,Yogyakarta: BPFE.

Siti Zubaidah, 2004, “Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi, Perubahan Nilai Kurs Terhadap Beta Saham Syariah pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII).â€UMM, Magelang.

Sudeni .2016.â€Pengaruh Degree of Financial Leverage dan Return On Equity terhadap harga saham pada pada PT Ciputra Development

Tandelilin, Eduardus. (2010). Portofolio dan Investasi.Kanisius.Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7261

Flag Counter   Â