Analisis Peramalan Penjualan dengan Menggunakan Metode Single Moving Average, Weighted Moving Average dan Exponential Smoothing sebagai Dasar Perencanaan Produksi Polo Shirt Pria (Studi Kasus Pada PT.Amanah Garment Bandung)

Dika Rizka Darmawan, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


Latar belakang dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peramalan penjualan produk di PT. Amanah Garment Bandung dengan menggunakan tiga metode peramalan yaitu single moving average, weighted moving average dan exponential smoothing dengan membandingkan nilai error MAD, MSE dan MAPE terkecil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Rancangan analisis data dalam penelitian ini ; mengumpulkan data penjualan produk, pemilihan metode peramalan, menghitung akurasi peramalan dengan MAD,MSE dan MAPE, membandingkan nilai error terkecil, memilih metode peramalan terbaik dan menarik kesimpulan.

Keywords


Peramalan, Single Moving Average, Weighted Moving Average, Exponential Smoothing

References


Assauri, Sofjan. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : LPFE Universitas Indonesia

Baroto, Teguh. 2002. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta : Ghalia Indonesia

Heizer, Jay & Barry Render. 2011. Manajemen Operasi. Edisi Sembilan, Buku Dua. Diterjemahkan oleh Chriswan Sungkono. Jakarta : Salemba Empat

William J. Stevenson. 2009. Management Operation. UK : Prentice Hall

Singgih, Santoso. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik Dengan SPSS 17. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Draft, Richard L. 2006. Management. Jakarta : Salemba Empat

Harjanto, Eddy. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Kedua. Jakarta : Grasindo

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7187

Flag Counter   Â