Pengaruh Kompetensi dan Sikap Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Hashi Ramen Bar dan Resto Cimahi

Rd. Kresna Yudi Kusumah, Sri Suwarsi, Dudung Abdurrahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)bagaimana kompetensi karyawan Hashi Ramen Bar&Resto (2)bagaimana sikap kerja karyawan Hashi Ramen Bar&Resto (3)bagaimana kinerja karyawan Hashi Ramen Bar&Resto (4)bagaimana pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan, (5)bagaimana pengaruh sikap kerja terhadap kinerja karyawan dan (6)bagaimana pengaruh kompetensi dan sikap kerja terhadap kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan kuisioner, wawancara dan pengumpulan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji-t dan uji F. Hasil dari penelitian ini adalah (1) tanggapan responden pada kompetensi karyawan di Hashi Ramen Bar&Resto berada di kategori rendah (2) tanggapan responden pada sikap kerja di Hashi Ramen Bar&Resto berada di kategori rendah (3) tanggapan responden pada kinerja karyawan di Hashi Ramen Bar&Resto berada di kategori rendah (4) terdapat hubungan yang cukup kuat antara kompetensi terhadap kinerja karyawan, besarnya pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 37,6% dan dari hasil uji hipotesis secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi terhadap kinerja karyawan (5) terdapat hubungan yang lemah antara sikap kerja terhadap kinerja karyawan besarnya pengaruh sikap kerja terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 20,7% dan dari hasil uji hipotesis secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap kerja terhadap kinerja karyawan (6) terdapat hubungan yang kuat antara kompetnsi dan sikap kerja terhadap kinerja karyawan, besarnya pengaruh kompetensi dan sikap kerja terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 48,6% dan dari hasil uji hipotesis secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi dan sikap kerja terhadap kinerja karyawan.

Keywords


Kompetensi, Sikap Kerja, Kinerja Karyawan

References


A.A. Anwar Prabu Mangunegara. 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Achmad S. Ruky. 2006, Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Dessler, Gary. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesepuluh. Jakarta: PT INDEK

Ghozali, Imam. 2005. Analisis dengan program SPSS. Semarang : Badan Penerbit-Undip.

Hasibuan, Malayu. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Kreitner, Robert dan Kinicki, Angelo 2003. Perilaku Organisasi, Terjemahan: Erly Suandy, Edisi Pertama, Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Moeheriono . 2012 . Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Edisi Revisi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Noor Fuad & Gofur Ahmad. (2009). Integrated HRD (Human Resources Development). Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana

Robbins, Stephen . 2003. Perilaku Organisasi. Jilid 1. Edisi Kesembilan. Alih Bahasa : Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Robbins, Stephen P. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Veitzal Rivai, Ella Jauvani Sagala. 2011.Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja : Edisi 2. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Jurnal :

Parwanto dan Wahyuddin. 2011. Pengaruh Faktor-faktor Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pusat Pendidikan Komputer Akuntansi Imka di Surakarta. Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Muham- madiyah Surakarta.

Dongaran, Johnson. 2006. “Pengaruh sikap kerja terhadap kinerja pada Hotel Bintang di Jawa Tengah dan DIYâ€. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Vol.XVII, No.1:79-92

Bismark, et.al, 2012, Pengaruh kompetensi dan desain pekerjaan terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada kantor Bupati Solok Selatan, Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik, Vol.1 No.2

Zaim, et.al, 2013, Analysing the effects of individual competencies in performance : a field Study in Service Industries in Turkey, Journal of Global Strategic Management, No.14, December.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7094

Flag Counter   Â