Pengaruh Pendekatan Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan di Barberhouse Indonesia Bandung

Arvy Driya Dipta, Dede R Oktini, Nina Maharani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan relationship marketing yang dilaksanakan Barberhouse Indonesia Bandung dan tanggapan pelanggan mengenai pendekatan relationship marketing, dan untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan Barberhouse Indonesia Bandung, serta  untuk mengetahui seberapa besar hubungan pelaksanaan pendekatan relationship marketing dengan loyalitas pelanggan Barberhouse Indonesia Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dimana penelitian ini dilakukan di masa sekarang dan menghubungkan antara variabel independen dengan variabel dependen. Populasi penelitian adalah pelanggan Barberhouse Indonesia, besar sample penelitian 100 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuisioner sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas atas objek yang diteliti dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendekatan Relationship Marketing pada Barberhouse Indonesia Bandung cukup, nilai rata-rata tertinggi pada variabel X (Pendekatan Relationship Marketing) berada pada indikator Pemberian Voucher dan nilai rata-rata terendah pada indikator Pemberian Perhatian Pelanggan. Secara umum variabel Y (Loyalitas Pelanggan) terbilang buruk, nilai rata-rata tertinggi pada indikator Melakukan Pembelian berulang dan nilai rata-rata terendah pada indikator Kebal terhadap Daya Tarik Pesaing. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan sebesar 66,2 %


Keywords


Pendekatan Relationship Marketing, Loyalitas Pelanggan

References


Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ball, D., C. P., & Machas, A. (2004). The Role of Communication and Trust in Explaining Customer Loyalty:an Extention to The ECSI Model. European Journal of Marketing, Vol.38, No.9/10 1272-1293.

Berry, L. (1995). Relationship Marketing of Service- growing interest, Emerging Perspectives. Journal of Academy of Marketing Science, Vol.23, No.4, pp.236-245.

Buchari, A. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Buttle, Francis, & Tumbull, J. (2007). Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) Concepts and Tools. Jakarta: Bayumedia Publishing.

Chan, S. (2003). Relationship Marketing : Inovasi Pemasaran Yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Chiu, H.-C., & Chen, Y.-L. (2009). The effect of relational bonds on online customer satisfaction. The Service Industries Journal.

Dewi, & Indah., dkk. (2008). Pendekatan Relationship Marketing untuk Loyalitas Pelanggan. Dalam Sarathi, Volume 15 No.1. Bali.

Erika. (2009). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. OLAGAFOOD Industri Medan. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, hal 3.

Gaffar, V. (2007). CRM dan MPR Hotel. Bandung: CV. Alfabeta.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hurriyanti, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV Alfabeta.

kauadalahkata. (2007, 06 20). Sejarah. Dipetik 03 15, 2017, dari Kauadalahkata: https://kauadalahkata.wordpress.com/2007/06/20/rambut-dan-sejarah-indonesia/

kh, I. (2013, 12 06). Geladeri Loka Cerita. Dipetik 03 17, 2017, dari Indra KH: https://indrakh.wordpress.com/tag/tukang-cukur/

Khaizir, R. (2012, Maret 21). Info. Dipetik Maret 11, 2017, dari Koran Fesbuk: http://koranfesbuk.blogspot.co.id/2012/03/istilah-barber-shop-berasal-dari.html

Kotler, P. (2000). Marketing Management. Eleventh Edition, New Jersey: Pearson Education, inc.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran Edisi II. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2003). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT. Indeks Gramedia.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Principles of Marketing. United States of America: Pearson.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management, 14th edition. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Liang Chiung-Ju, & Wen-Hung Wang. (2005). Integrative research into the financial services industry in Taiwan : Relationship bonding tactics. Journal of Financial Services Marketing, Vol.10., No.1, pp65-83.

Luarn dan Lin. (2003). A Customer Loyalty Model For E-Service Context. National Taiwan University of Science and Technology. Journal of Electronic Commerce Research, Vol. 4 No. 4.

Lupiyoadi, H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Lupiyoadi, R., & A. Hamdani. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Musanto, T. (2004). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 6, No.2 : 123-136.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Cetakan kesembilan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ndubisi, N. (2007). Relationship Marketing and Customer Loyalty. Marketing Intelligence and Planning, Vol 25. No.1. pg 98-106.

Park, C., Macinnis, Deborah, J., Priester, & Joseph. (2006). Beyond Attitudes: Attachment and Consumen Behavior. Seoul Journal of Business, Vol.12 No.2.

Peterson, R. (1995). Relationship Marketing and the Consumer. Journal of the Academy of Marketing Science, pp.278-281.

Ramdani, H. (2014, 02 06). batsjsjj. Dipetik 03 16, 2017, dari Zigzag Barbershop: http://zigzagbarbershop.blogspot.co.id/2014/02/perkembangan-barbershop-di-indonesia.html

Shammout, A. e. (2007). Relational Bond and Loyalty : The Bonds that Tie. Conference Procedings of the Australian And New Zealand Marketing Academy Conference (AZMAC).

Susanto, F., & MS, P. S. (2013). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Mitra 10 Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 1.

Swastha, B. (2009). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE.

Tandjung, W. (2004). Marketing Management Pendekatan pada Nilai-nilai Pelanggan. Malang: Banyumedia.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.

Velnampy, & Sivesan, S. (2012). Customer Relationship Marketing and Company Satisfaction A Study On Mobile Service Providing Company In Srilanka. Global Journal Inc, Vol.12 (18).

Wijaya, Serly, & Thio, S. (t.thn.). Implementasi Membership Card dan Pengaruhnya dalam Meningkatkan Loyalitas Pengunjung Restoran di Surabaya.

Zeithaml, V., M.J, B., & D.D, G. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6th ed. Boston: Mc.Graw-Hill.

Zeithaml, Valarie, A., & Mary Jo Bitner, D. (2006). Service Marketing. Integrating stomer Focus Across The Firm. 4th Edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7013

Flag Counter   Â