PENGARUH MANAGERIAL SKILL DAN LEVERAGE TERHADAP SHAREHOLDER’S RETURN (Studi Kasus Perusahaan Dalam Indeks Emiten LQ-45 Periode Tahun 2009 – 2013)

Annisa Novianti, Dikdik Tandika, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh managerial skill dan leverage terhadap shareholder’s return pada perusahaan yang terdapat dalam indeks emiten LQ-45.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengambilan data  purposive sampling menghasilkan sample sebanyak 40 data dari 8 perusahaan yang termasuk dalam indeks emiten LQ-45. Metode analisis statistik yang digunakan dengan analisis deskriptif dan regresi linier berganda untuk menguji hipotesis.

Hasil menunjukkan bahwa tingkat pendidikan, masa kerja, debt to equity ratio dan long term debt to equity ratio secara simultan berpengaruh terhadap price earning ratio sebesar 71,1% dan terhadap dividend per share sebesar 30,2%. Secara parsial, tingkat pendidikan, masa kerja, debt to equity ratio dan long term debt to equity ratio berpengaruh signifikan terhadap price earning ratio. Tingkat pendidikan dan long term debt to equity ratio secara parsial berpengaruh signifikan terhadap dividend per share. Namun masa kerja dan debt to equity ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap dividend per share.

 

Kata kunci: managerial skill, leverage, price earning ratio, dividend per share




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.697

Flag Counter   Â