Implementasi Metode Material Requirement Planning sebagai Alat Pengendalian Persediaan Bahan Baku Daging Sapi Pada PT.Champ Resto Indonesia Bandung

Mia Herawati, Muhardi Muhardi, Poppie Sofiah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi metode Material Requirement Planning di PT. Champ Resto Indonesia. Penelitian ini merupakan Deskriptif Kuantitatif, data yang diperoleh dari pengumpulan data riset lapangan, wawancara, dan pengamatan analisa. total biaya, yaitu biaya persediaan. Penelitian ini mencoba 2 teknik lot sizing yaitu Lot for Lot (LFL) dan Part Period Balancing (PPB) untuk membandingkkan metode mana yang menghasilkan biaya persediaan yang paling rendah.  Dalam penelitian ini diawali dengan mencari data produksi PT. Champ Resto Indonesia bulan September 2016 – april 2017. Sistem pengendalian kebutuhan bahan baku masih menggunakan manual dengan acuan pada kebutuhan dimasalalu. Kemudian mencari data bahan baku bulan September 2016 – April 2017. Sebelum diterapkan MRP, kebijakan pengendalian persediaan yang diterapkan perusahaan menggunakan teknik pembelian bahan baku daging sapi dengan jarak atau interval yang tetap yaitu enam kali dalam sebulan (dua kali pembelian pertama pada hari Selasa selanjutnya pada hari Jum’at, berlaku pada minggu berikutnya) dengan jumlah yang sama. Dari penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kebijakan pengendalian persediaan bahan baku yang sebaiknya diterapkan perusahaan ini adalah teknik Lot for Lot (LFL) dengan interval pembelian bahan baku delapan kali dalam sebulan dan kuantitas pembelian disesuaikan sehingga perusahaan dapat melakukan penghematan sebesar Rp. 7.461.354,-.

Keywords


Material Requirement Planning, MRP, Lot Sizing

References


Assauri, Sofjan . 2004. Manajemen Produksi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Chase, Richard B., Jacobs, F. Robert, and Aquilano, Nicholas J. 2010. Operations and Supply Management The Core. Avenue of the Americas, New York: McGraw-Hill.

Dilworth, James B. 1996. Operations Management: Design, planning, and Control for Manufacturing and Service (2nd ed.). Avenue of the Americas, New York: McGraw-Hill

Heizer, Jay., Render, Barry and Chuck Munson. 2017. Operations Management, 12th ed. New Jersey: Pearson Education.

Herjanto, Eddy. 2008. Manajemen Operasi (edisi ketiga). Jakarta:PT. Grasindo.

Jacobs, F. Robert., and Chase, Richard B. 2014. Operations and Supply Chain Management (14 th ed.). Singapore: McGraw-Hill.

Krajewski, Lee J., et al. 2007. Operations Management (Processes and Value Chain), 8th ed. New Jersey: Pearson Education.

Nasution, Arman Hakim dan Prasetyawan, Yudha. 2008. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Prasetya, Hery., Lukiastuti, Fitri. 2009. Manajemen Operasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Reid, R. Dan & Sanders, Nada R. 2013. Operations Management.

Render, Berry., et al. 2012. Quantitative Analysis for Management. England: Perason education. New York:McGraw-Hill Education.

Schroeder, Roger G. 2011. Operations Management (Conemporary Concepts and Cases), 5th edition

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swink, Morgan, Melynk, Steven A., Cooper, M. Bixby and Hartley, janet L, 2011. Managing Operations Across the Supply Chain. Avenue of the Americas, New York: McGraw-Hill.

Tampubolon, Manahan. 2004. Operation Management. Penerbit Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6850

Flag Counter   Â