Pengaruh Country Of Origin terhadap Minat Beli Sepeda Motor Tvs (Suatu Survey Konsumen Sepeda Motor Kota Bandung)

Sarah Syauqina, Ratih Tresnati, Septiana A. Estri Mahani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menetahui penerapan dan upaya country of origin di TVS Motor, untuk mengetahui tanggapan responden tentang country of origin sepeda motor TVS, untuk mengetahui tingkat minat beli konsumen terhadap sepeda motor TVS asal India, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh country of origin terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan pada TVS Motor Kiaracondong-Bandung dengan metode studi kasus dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah menggunakan SPSS. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden, dengan melakukan metode penelitian survey dan teknik penarikan sampel non probability accidential sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh country of origin terhadap minat beli konsumen dengan nilai p = 0,000, koefisien korelasi sebesar 0,649 (R = 0,649) dan koefisien determinasi sebesar (R2 ) 42,1% yang berarti terdapat pengaruh country of origin terhadap minat beli konsumen.


Keywords


Country of Origin, Minat Beli

References


Apsari, Ketut. 2016. Pengaruh Country of Origin Terhadap Loyalitas Produk Handphone Merek Samsung Dimediasi Oleh Persepsi Harga di Kota Denpasar. Bali : Universitas Udayana

Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Rosda

Armstrong, Adam et al. 2015. Principles of Marketing 6E. Australia : Pearson

Azib, dkk. 2016. Pengolahan Data dan Analisis Data Menggunakan SPSS. Bandung: FEB UNISBA

Bertoli, Resciniti. 2012. International Marketing and Country of Origin Effect : The Global Impact of “Made in Italyâ€. Northampton USA: Edward Elgar Publishing Inc.

Boston, Massachusetts. 2010. Understanding Marketing. United States of America: Harvard Business School Publishing

BPS Bandung. 2015. Kota Bandung dalam Angka (Bandung City in Figures). Bandung: BPS Statistik

Cannon, Perreault et al. 2008. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global. Jakarta : Salemba Empat

Cateora, Graham. 2007. Pemasaran Internasional. Jakarta: Salemba Empat

Degoma, Elias. 2014. The Effect of Country of Origin Image on Purchase Intention : A Case Study on Bahir Dar University. Ethiopia

Ghalandri, Abdoolah. 2012. The Effect of Country of Origin on Purchase Intention: The Role of Product Knowledge. Teheran-Iran

Husen, Umar. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis edisi kedua. Jakarta: Rajawali Pers

Kurnia, Dita. Pengaruh Iklan dan Word of Muth (WOM) Terhadap Minat Beli Mahasiswa Universitas Negeri Padang Atas Karti Perdana IM3. Padang

Kusumaningtyas, et al. 2017. Pengaruh Country of Origin Terhadap Persepsi Kualitas dan Dampaknya Pada Minat Pembelian (Studi pada calon konsumen yang berminat membeli mobil toyota Avanza di Jakarta). Malang

Kotler, Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. 2002. Marketing Management Millenium Edition, Tenth Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Kotler, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 14th edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Listiana, Erna. 2012. Pengaruh Country of Origin Terhadap Perceived Quality Dengan Moderasi Etnosentris konsumen.

Prasad, Vishwajeet. 2009. Consumer Behavior. Delhi India: GenNext

Rezki, Rahmad. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ruko Pada CV. Sinar Jaya Global Steel Padang. Padang.

Rochaety, Etih, Ratih Tresnati. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis dengan Aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cetakan Kedelapan Belas. Bandung: Alfabeta

Utami, Christina. 2014. Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat

Tulipa, Diyah. 2015. The Country of Origin and Brand Image Effect o Purchase Intention of Smartphone in Surabaya-Indonesia. Surabaya .

Tresnati, Ratih, dkk. 2015. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Tabungan IB Maslahah. Universitas Islam Bandung

Widjajanta, Widyaningsing et al. 2007. Mengasah Kemampuan Ekonomi. Bandung: Citra Praya

digilib.unila.ac.id

lib.ui.ac.id

bikerzone11.xyz




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6810

Flag Counter   Â