Analisis Pengendalian Kualitas Jasa dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment

Katon Hari Kuncoro, Tasya Aspiranti, Poppie Sofiah

Abstract


Abstract. Sport is a new trend for the people of Indonesia, one of which is Queens Futsal as a provider of leasing services futsal, a very tight competition in the world futsal leasing services airy giving birth to several innovations to meet consumer needs. then in this case there are some efforts made by Queens Futsal Management in order to compete with other providers in meeting the needs of consumers. Research methods used in this case is a case study method is a study on the subject that corresponds to a specific phase or typical of the entire study. the type of research is descriptive research, which is about the kind of research that illustrates real about the phenomenon that occurred during the study with the data obtained. The results of this study show that Queens Futsal Management has advantages compared with leasing services providers other indoor soccer field. It is seen from the efforts of the operational run by Queens Futsal Management, expanding the field, variations in the size and level of violence balls, lighting appropriate field, providing P3K box, service-based online, providing space rinse, the supply of warm water in the rinse, Standard operational employees and so on.


Abstrak. Olahraga merupakan suatu trend baru bagi masyarakat Indonesia, salah satunya ialah Queens Futsal sebagai penyedia jasa penyewaan lapangan futsal, persaingan yang sangat ketat didunia jasa penyewaan lapang futsal menyebabkan lahirnya beberapa inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. maka dalam hal ini terdapat beberapa upaya yang dilakukan oleh Queens Futsal Management agar mampu bersaing dengan penyedia jasa lain dalam pemenuhan kebutuhan konsumen. Metode Penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah metode studi kasus yaitu suatu penelitian mengenai subjek yang berkaitan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keseluruhan penelitian. jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif, yaitu mengenai jenis penelitian yang menggambarkan secara nyata perihal fenomena yang terjadi selama penelitian dengan data yang diperoleh.Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Queens Futsal Management memiliki keunggulan dibanding dengan penyedia jasa penyewaan lapangan futsal lain. Hal ini dilihat dari upaya-upaya operasional yang dijalankan oleh Queens Futsal Management, perluasan lapangan, variasi ukuran dan tingkat kekerasan bola, pencahayaan lapangan yang sesuai, penyediaan kotak P3K, layanan berbasis online, penyediaan ruang bilas, penyediaan air hangat di ruang bilas, Standar Operasional Karyawan dan sebagainya.


Keywords


Quality Function Deployment (QFD), House Of Quality, service

References


Assauri, Sofyan.(1999). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : LPFEUI.

Assauri, Sofjan. (2001). Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi. Jakarta : LPFE-UI.

Assauri, Sofyan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta : LPFE-UI.

Berman, Barry and Joel R. Evans, 2006. Retail Management A Strategi Approach. 10th. edition New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Cohen, Lou. 1995. “Quality Function Deployment, How to make QFD Work for Youâ€. Addison-Wesley Publishing Company : New York.

Handoko, T. Hani.(2000). Manajemen, Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Handoko , T.Hani. (2009). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, cetakan 16. Yogyakarta: BPFE.

Heizer, Jay dan Barry Render. (2001). Manajemen Operasi, Edisi 6 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Heizer, Jay dan Barry Render. (2005). Manajemen Operasi, Edisi 7 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Heizer, Jay dan Barry Render. (2009). Manajemen Operasi, Edisi 9. Jakarta : Salemba Empat.

Heizer, Jay dan Barry Render. (2011). Manajemen Operasi, Edisi 10 Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.

Kusnadi, dkk.(1999). Pengantar Manajemen. Malang : Unibraw.

Montgomery, Douglas C., (2001). Design and analysis of experiments, 5th edition, John Wiley & Sons, Inc.

Mulyono,Sri. (2004). Riset Operasi. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI.

Plunket, dkk. (2005). Management : Meeting and Exceding Customer Expectations. USA : Thomson South – Western.

Schroeder, R.G. (2004). Operation Management : Contemporary Concepts and Cases.New York : McGraw-Hill.

Stanton, William.(1997).Fundamental of Marketing. New York: MCGraw – Hill.

Stevenson, (2007), Operation Management , 9th Edition. New York : McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6369

Flag Counter   Â