Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Distro Airplane Bandung

Riky Darmawireja, Dede R Oktini, Nina Maharani

Abstract


Abstract. The purpose of this study was to determine the extent of the influence of atmosphere shop to purchasing decision of customers in the clothing airplane system Bandung, a store that has the environment (atmosphere) which will comfortably influence consumers to shop at these places, so the convenience of buying for them to be satisfied. Distro airplane must be able to create an atmosphere that is comfortable store environment that can influence consumer purchasing decisions. From the above purposes authors take the title "store atmosphere influence on consumer purchasing decisions on distributions airplane Bandung". The method used in this study is the author of the research method verification method, a sample of this research are a visitor or customer shop bandung airplane as many as 100 people. To be able to analyze the extent to which the effect of store atmosphere on consumer purchasing decisions statistical test by using simple regression which can facilitate the processing of data using SPSS software author. Based on the calculation simple linear regression analysis can be seen the correlation coefficient store atmosphere (X) with the purchase decision (Y) of r = 0.683. While the calculation coefficient of determination is known that the amount of the contribution or the role of store atmosphere variable to variable influence purchasing decisions by 46.6%, while the remaining 53.4% is influenced by factors such as the increasing number of competitors, consumer purchasing power, and so forth. So the value of 46.6% indicates that the contribution of significant influence on sales results Airplane Distro Bandung.

 

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh atmosphere toko terhadap keputusan pembelian kosumen pada clothing airplane system Bandung, suatu toko yang memiliki lingkungan (atmosphere) yang nyaman akan mempengaruhi konsumen untuk berbelanja di tempat tersebut, sehingga kenyamanan membeli bagi mereka akan terpuaskan. Distro airplane harus dapat menciptakan suasana lingkungan toko yang nyaman sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dari tujuan diatas penulis mengambil judul penelitian “pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada distro airplane Bandungâ€. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian metode verifikatif, sampel dari penelitian ini adalah pengunjung atau konsumen toko airplane bandung sebanyak 100 orang. Untuk dapat menganalisis sejauh mana pengaruh atmosphere toko terhadap keputusan pembelian konsumen dilakukan uji statistik dengan menggunakan regresi sederhana dimana dapat memudahkan dalam proses pengolahan data penulis menggunakan software SPSS. Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linear sederhana dapat diketahui koefesien korelasi store atmosphere (X) dengan keputusan pembelian (Y) sebesar r = 0,683. Sedangkan dari perhitungan analisis koefisien determinasi diketahui bahwa besarnya sumbangan atau peran variable store atmosphere terhadap variable keputusan pembelian berpengaruh sebesar 46,6%, sedangkan sisanya 53,4% dipengaruhi oleh faktor seperti semakin banyaknya pesaing, daya beli masyarakat, dan lain sebagainya. Jadi nilai 46,6% menunjukan bahwa pengaruh besarnya sumbangan cukup berarti terhadap hasil penjualan Distro Airplane Bandung.


Keywords


store atmosphere, the consument purchasing determination

References


Alma,Buchari. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:Alfabeta

Husein Umar, 2003, Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis,Jakarta

: PT. Gramedia Pustaka.

Idham Kurnia Simamora, Handoyo Djoko, & Widayanto 2013. Pengaruh Harga, Citra, Merek, Positioning, dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Jamu PT. Njonja Meneer. Diponegoro Journal Of Social And Politic, Hal 1-12.

Jacky Tai dan Wilson Chew .2012. Brand Management. Kembangan-Jakarta:PT Indeks.

Kartajaya, H .2007. Hermawan kartajaya on Segmentation, Bandung : PT.

Mizan Pustaka.

Kotler and Keller .2006. Marketing Management Twelve Edition, Pearson Education. Upper Saddle River, New Jersey.

Kotler and keller .2009.Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas, Erlangga.

Kotler and Keller. 2012. Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler phillip and Gary Armstrong. 2012. Principles Of Marketing. Global Edition.

Nitisusastro , Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen . Bandung: Alfabeta.

Setiadi, Nugroho J .2008 . Perilaku Konsumen . Jakarta : Kencana

Wijaya, Tony . 2011. Manajemen Kualitas Jasa : Desain Servqual, QFD , dan Kanodi serta contoh aplikasi dalam kasus penelitian . Jakarta: Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6347

Flag Counter   Â