Pengaruh Citra Merek (Brand Image) terhadap Loyalitas Konsumen pada Asuransi Jiwa Bumiputera (Kasus pada Konsumen di Kota Bandung)

Rizka Arbasari Putri, Nina Maharani, Septiana Estri

Abstract


Abstract. The purpose of this study were to determine how the company's efforts in building the brand image , how respondend to the brand image Bumiputera insurance, customer loyality Bumiputera insurance, and how much influence thebrand image on costumer loyalty . This type of research is verification conducted using incidental sampling technique to collect sample, using a sample of 100 respondents consumers of Bumiputera Life Insurance. Engineering data collection using a detailed questionnaire and interview. Analysis of the data used to test the hypothesis is regression analysis . These results indicate that the implementation of brand image that is used by Bumiputera classified as very strong , meaning brand image significantly positive effect on consumer loyalty .


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya perusahaandalam membanguncitra merek, bagaimana loyalitas konsumen Asuransi Bumiputera dan seberapa besar pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen. Jenis penelitian yang dilaksanakan ini bersifat verifikatif dengan menggunakan teknik pengumpulan sample Insidental sampling dengan menggunakan 100 sampel responden konsumen Asuransi Bumiputera. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan citra merek yang digunakan oleh Bumiputera tergolong sangat kuat, artinya citra merek secara signifikanberpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen.


Keywords


brand image, customer loyalty

References


Aaker, David (1991). Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name.New York : Free Press.

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane (2009). Manajemen Pemasaran, edisi 13. Jakarta : Penerbit Erlangga

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Penerbit Alfabeta

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane (2012). Marketing Management, edisi 14. New Jersey : Prentice Hall Published.

Kotler, Philip., Amstrong, Gary (2008). Prinsip Prinsip Pemasaran, edisi 12. Jakarta : Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6073

Flag Counter   Â