Analisi Perbandingan Risiko Portofolio melalui Diversifikasi Domestik dan Diversifikasi Internasional (Studi kasus pada Saham-Saham Indonesia (LQ45), Inggris (FTSE100) dan Amerika (DJIA) periode 2014-2015)

Rosyidah Amalia Resmi, Dikdik Tandika, Azib Azib

Abstract


Abstract. This study aims to determine the ratio between the portfolio risk through diversification of domestic and international diversification. Independent variables used are diversified by comparison between domestic and international diversification diversification.Analysis model used in this study is a statistical test Mann-Whiteney to see a comparison of the resulting portfolio risk. The sample in this study consisted of 16 shares (LQ45:Indonesia, FTSE100:UK and DJIA:USA). The method used to search for portfolio risk domestic and international portfolio risk is by diversifying randomly in stocks with the period 2014-2015.The results of the test show that there are a different in the risk of the portofolio which is generated through international diversification and domestic diversification. The risk of portfolio international diversification is smaller than the risk of portfolio domestic portfolio diversification.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara risiko portofolio melalui diversifikasi domestik dan risiko portofolio melalui diversifikasi internasional. Variabel independen yang digunakan adalah diversifikasi dengan perbandingan antara diversifkasi domestik dan diversifikasi internasional.Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik Mann-Whiteney untuk melihat perbandingan risiko portofolio yang dihasilkan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 saham (LQ45:Indonesia, FTSE100:Inggris dan DJIA:USA). Metode yang digunakan untuk mencari risiko portofolio domestik dan risiko portofolio internasional adalah dengan cara melakukan diversifikasi secara random pada saham-saham dengan periode tahun 2014-2015.Hasil dari pengujian data menunjukan bahwa terdapat perbandingan antara risiko portofolio melalul diversifikasi domestik dan  melalui diversifikasi internasional. Risiko portofolio internasional memiliki nilai risiko portofolio lebih kecil dibandingkan dengan risiko portofolio melalui diversifikasi domestik.


Keywords


diversification, domestic diversification, international diversification, random diversification, portfolio risk

References


Brigham, Houston, 2009. Fundamental Of Finacial Management (Dasar-dasar Manajemen Keuangan) , Jakarta. Salemba Empat.

Jogiyanto, 2014. Teori dan Praktik Portofolio dengan Excel Edisi Ketiga, BPFE, Jakarta. Salemba Empat.

Sudana & Janiarti. 2000. Pengaruh Ukuran Portofolio Terhadap Tingkat Diversifikasi Saham: Perbandingan Antara Portofolio Saham Satu Industri Dengan Portofolio Saham Beragam Industri di Bursa Efek Jakarta. Majalah Ekonomi 10/1: 28-42.

Tandelilin, 2001. Eduardus, Analisis Investasi dan Manajemen Portofolio, BPFE, Yogyakarta.

Tandelilin. 2010. Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5898

Flag Counter   Â