Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Citra Perusahaan pada BRI Syariah Kacab Citarum Bandung Jawa Barat

Rr Inggid Leviona Mananggar, Dede R Oktini, Nina Maharani

Abstract


Abstract. This research aims to investigate the implementation of Marketing and Public Relations at BRI Syariah Branch Office Citarum Bandung, how the responses of customers about the implementation of the Marketing and Public Relations at BRI Syariah Branch Office Citarum Bandung, how the image of the Corporate at BRI Syariah Branch Office Citarum Bandung and how the influence of Marketing Public Relations of the Corporate Image.The method used is a survey method. This type of research is conducted verification. The sampling technique used is incidental sampling technique. The population in this research are customers of BRI Syariah Bandung. Samples taken of customers BRI Syariah with a number of 100 respondents. Data collection techniques used is Questionnaire. Data analysis method used is the Simple Linear Regression Analysis to determine the direction of the relationship between the dependent and independent variables.The results of this study show the influence of the Marketing Public Relations of Corporate Image at BRI Syariah Branch Office Citarum Bandung with p = 0.000, correlation coefficient of 0689 (R = 0689), and the determinant coefficient (R-Square / R2) of 47.5%. This means that there is influence between Marketing Public Relations of the Corporate Image.


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Marketing Public Relationspada BRI Syariah Kacab Citarum Bandung, bagaimana tanggapan nasabah tentang pelaksanaanMarketing Public Relations pada BRI Syariah Kacab Citarum Bandung, bagaimana Citra Perusahaan pada BRI Syariah Kacab Citarum Bandung dan bagaimana pengaruh Marketing Public Relations terhadap Citra Perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling insidental. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BRI Syariah di Bandung. Sampel yang diambil adalah nasabah BRI Syariah dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.Hasil penelitian  ini menunjukkan adanya pengaruh Marketing Public Relationsterhadap Citra Perusahaan pada BRI Syariah Kacab Citarum Bandung dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi sebesar  0.689 (R = 0.689), dan koefisien determinan (R-Square/R2) sebesar 47,5%. Artinya terdapat pengaruh antara Marketing Public Relations terhadap Citra Perusahaan.


Keywords


Marketing Public Relations, Corporate Image, BRI Syariah

References


Abadi & Saka. Marketing Public Relations (Upaya Memenangkan Persaingan Melalui Pemasaran Yang Komunikatif). LMFEUI, Jakarta, 1994.

Kasali, Rhenald. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti, Jakarta, 1994.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. Marketing Management. 13th Edition, Erlangga, Jakarta, 2009.

Kotler, Hermawan dan Iwan. 2010. Mulai dari Produk ke Pelanggan ke Human Spirit: Marketing 3.0. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Keller. 2012. Edisi keempat belas. Management Marketing. Global Edition. Pearson Prentice. Hall.

Schiffman, Kanuk, & Leslie Lazar Kanuk. 2007.Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Indeks

Mulyana, Iman. 2014. Citra Perusahaan, www.e-iman.uni.cc

Rosa Afriani, Strategi Marketing Public Relations dan Promotion PT. Bank Bri Syariah Kacab Bengkulu dalam Meningkatkan Citra Sebagai Bank Berbasis Syariah (2014)

Noflim Trisna Ayuningsih, Strategi Public Relations PT. Bank Bri Syariah dalam Mempromosikan Produk Tabungan Faedah (2014)

Tutik Kumariyah, Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Studi Kasus di Perusahaan Pringsewu Baturaden Purwokerto) (2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5665

Flag Counter   Â