Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Agency Cost pada Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Periode 2012-2015

Nadia Intan Pratiwi, Dikdik Tandika, Nurdin Nurdin

Abstract


Abstract. This study aimed to determine the effect of Capital Structure with indicators such as Debt To Equity Ratio (DER) and Firm Size on Agency Cost. The independent variabels in this study are measured by capital structure and firm size. The dependent variabel in this study is the Agency Cost was measured by the Selling, Genaral and Admistrative expense ratio. To test the hypothesis used multiple regression analysis. Data are obtained from secondary data in the form of financial statements of companies listed consumer goods sector in Indonesia Stock Exchange in 2012-2015, and visit the website: www.idx.co.id. The result of test data indicated that the Debt To Equity Ratio (DER) has a significant effect on Agency Cost. While the Firm Size has no significant effect on Agency Cost.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal dengan indikator yaitu Debt To Equity Ratio (DER) dan Ukuran Perusahaan terhadap Agency Cost. Variable independen dalam penelitian ini antara lain Debt To Equity Ratio (DER) dan Ukuran Perusahaan. Variable dependen dalam penelitian ini adalah Agency Cost diukur dengan rasio beban Penjualan, Umum  dan Administrasi (SGA). Untuk menguji hipotesis maka digunakan analisis regresi berganda. Data yang digunakan bersumber dari data-data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan-perusahaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015, dan mengunjungi situs web: www.idx.co.id. Hasil dari pengujian data menunjukan bahwa Debt To Equity Ratio (DER) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Agency Cost. Sedangkan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Agency Cost.


Keywords


Capital Structure, Debt To Equity Ratio (DER), Firm Size, Agency Cost, (SGA) Expense Ratio

References


Awwalia dan Annisata. 2014. Analisis Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Agency Cost Sebagai Variabel Intervening: Perbandingan Perusahaan yang Mengalami Financial Distress dan Tidak. SNA 17 Mataram, Lombok Universitas Mataram 24-27 Sept 2014.

Fachrudin, K. A. (2011). Analisis Pengaruh Struktur Modal ,Ukuran Perusahaan, dan Agency Cost terhadap Kinerja Perusahaan. Journal Akuntansi dan Keuangan, 13, 37-46.

Florackis, Chrisostomos. 2008. Agency Cost and Corporate Governance Mechanisms: Evidence for UK Firms. International Journal of Manajement Finance, 4, 37-59.

Jensen, M. C and Meckling, W. H. 1976. Teory of the Firm: Manajerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Journal of Financial Economics, Oktober, 1976, V.3, No. 4, pp. 305-306.

Kaen, Fred R, & Bauman, Hans. 2003. Firm Size, Emplyees and Profitability in U.S Manufacturing Industries. Journal of Economic Literature.

Nurfitriana, Hardi dan Yuneita Anisma. 2011. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Aktivitas dan Laverage terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Wholesale and Retail Trade di Bursa Efek Indonesia.

Singh, M., & Davidson III, W. N. 2003. Agency Costs, Ownership Structure and Corporate Governance Mechanisms. Journal of Banking and Finance, XXVII.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5653

Flag Counter   Â