Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan

Luvi Nurafifah, Ratih Tresnati, Nina Maharani

Abstract


Abstract. This research aims to know the implementation of the Relationship Marketing on A-Trinity Ciwalk Bandung, how the respon of the  respondents about the implementation of the Relationship Marketing in A-Trinity Ciwalk Bandung, how the customers’ loyality A-Trinity Ciwalk Bandung and how the influence of Relationship Marketing towards Customers’ Loyalty. Research methodology  used in this research  is survey method. The kind of research that is done is verifikatif. Technique of the collecting the sample used in this research is non probability sampling technique. The population  in this research is the consumers A-Trinity Ciwalk Bandung. The sample which is taken are consumers of A-Trinity Ciwalk Bandung by the number of 100 respondents. Technique of collecting the data used guide the questionnaire. The method of analysis the data used Simple Linear Regression Analysis to know how significant the influence of independent varable towards the dependent variable.The result of this research showed that the implementation of the  Relationship Marketing on A-Trinity Ciwalk Bandung is good, the average of the highest score on variable X (Relationship Marketing) is located in indicator Extra Discount and the average of the lowest score in indicator  the Provide Information. In general variable Y (Customers’ Loyalty) the highest average score in indicator Buying among  Line Products and the average of the lowest score in indicator Insuspectible towards Appeal the Competitors. The conclusion of this research is there is a significant influence between Relationship Marketing on the customers’ loyalty as much 45 %.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Relationship Marketing pada A-Trinity Ciwalk Bandung, bagaimana tanggapan responden tentang pelaksanaan Relationship Marketing pada A-Trinity Ciwalk Bandung, bagaimana loyalitas pelanggan A-Trinity Ciwalk Bandung dan bagaimana pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Jenis penelitian yang dilaksanakan bersifat verifikatif. Teknik pengambilan sampel yang gunakan adalah teknik non probability sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen A-Trinity Ciwalk Bandung. Sampel yang diambil adalah konsumen A-Trinity Ciwalk Bandung dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman Kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Relationship Marketing pada A-Trinity Ciwalk Bandung baik, nilai rata-rata tertinggi pada variabel X (Relationship Marketing) berada pada indikator Ekstra Diskon dan nilai rata-rata terendah pada indikator Memberikan Informasi. Secara umum variabel Y (Loyalitas Pelanggan) nilai rata-rata tertinggi pada indikator Membeli Antar Lini Produk dan nilai rata-rata terendah pada indikator Kebal Terhadap Daya Tarik Pesaing. Kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara Relationship Marketing terhadap loyalitas pelanggan sebesar 45 %.


Keywords


relationship marketing, customer loyalty

References


Griffin,Jill, 2007. Customer Loyality, Edisi Revisi dan Terbaru. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane, 2012. Marketing Management 13. New Jersey : Pearson Prentice Hall,Inc.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.

Susanto, Franky dan Hatane Semuel. 2013. Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Mitra 10 Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1, No. 1, 1-15.

Zeithaml Valerie A, M.J. Bitner, 2013. Service Marketing, First Edition. USA : McGraw Hill Co.Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5389

Flag Counter   Â