Pengaruh Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Maskapai Wings Air Sebagai LCC di Kota Bandung)

Shendy Restu Octariansyah Putra

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to know the implementation of brand image on Wings Air, customer feedback on the implementation of brand image on Wings Air, the level of consumer buying interest on Wings Air, and to find the extent of the influence of brand image against consumer buying interest. This research was conducted on the company Wings Air with case studies and methods using simple regression analysis processed with SPSS. The subject in this study was 100 people respondents. Survey research methods and techniques the sample withdrawal is insidensial sampling.  The analysis of the data is in use is a simple regression analysis which aims to test the hypothesis. The results of this study demonstrate the implementation of brand image is less going well, respondents to the implementation of the brand image is less going well, respondents regarding the level of consumer buying interest on Wings Air is the category of bad, and there is no influence of brand image on consumer buying interest with a value p = 0701, the correlation coefficient of -0039 (R = -0039), and the determinant coefficient (R-Square / R2) of 2%. That is not a significant difference between the brand image to consumers to buy.

Keywords: Brand Image, Consumer Buying Interest

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan  brand image di Wings Air, tanggapan pelanggan tentang pelaksanaan brand image di Wings Air, tingkat minat beli konsumen pada Wings Air, dan untuk mencari seberapa besar pengaruh brand image terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Wings Air dengan metode studi kasus dan menggunakan analisis regresi sederhana yang diolah dengan SPSS. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang responden. Dengan  metode penelitian survey dan teknik penarikan sampel adalah insidensial sampling.  Analisis data yang di gunakan adalah analisis  regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian  ini menunjukkan pelaksanaan brand image kurang berjalan dengan baik, tanggapan responden terhadap pelaksanaan brand image kurang berjalan dengan baik, tanggapan responden mengenai tingkat minat beli konsumen pada Wings Air berada pada kategori buruk, dan tidak terdapat pengaruh brand image terhadap minat beli konsumen dengan nilai p = 0.701, koefisien korelasi sebesar  -0.039 (R = -0.039), dan koefisien determinan (R-Square/R2) sebesar 2%. Artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image terhadap minat beli konsumen.

Kata Kunci : Citra Merek, Minat Beli Konsumen




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5262

Flag Counter   Â