Pengaruh Viral Marketing Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Kedai Warung Upnormal Bandung)

dera kusniar arumbinang

Abstract


Abstract. Culinary is a part of life are closely related with the consumption of food daily. Culinary is a lifestyle that can’t be separated from everyday life. The development of the world information and technology impact on business competition in the era of global. Every business is required to more creative in order to compete on the market share of desired. One of the effort is to improve the implementation of the viral marketing to attract consumer purchasing decisions.Subjects in this study were 100 visitors. Sample collection technique is a non probability sampling. Analysis of the data that is in use is a simple regression analysis aimed to test the hypothesis. The results of this study show the effect of influence viral marketing against buying decision Kedai Warung Upnormal with values to p = 0.000, correlation coefficient is 0.835 (R = 0.835), and the coefficient of determinant (R-Square / R2) is 69.7%. It means that influence viral marketing in a significant positive effect of buying decision.

 

Abstrak. Kuliner adalah suatu bagian hidup yang erat kaitannya dengan konsumsi makanan sehari-hari. Kuliner merupakan sebuah gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Perkembangan dunia informasi dan teknologi berdampak pada persaingan bisnis di era global. Setiap pelaku bisnis dituntut untuk semakin kreatif agar dapat bersaing pada pangsa pasar yang diinginkan. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan meningkatkan pelaksanaan Viral Marketing guna menarik proses keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian verifikatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen dengan variable dependen. Sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus, yaitu penelitian yang berfungsi mengetahui suatu fenomena, gejala, yang khas atau unik dari suatu individu kelompok, atau objek sosial lainnya. Sehingga dapat diperoleh suatu deskripsi yang rinci mengenai fenomena atau gejala tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah 100 orang responden. Teknik pengumpulan sampel adalah non probability  sampling.  Analisis data yang di gunakan adalah analisis  regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian  ini menunjukkan adanya pengaruh viral marketing terhadap proses keputusan pembelian kedai warung upnormal dengan nialai p = 0.000, koefisien korelasi sebesar  0.835 (R =  0.835), dan koefisien determinan (R-Square/R2) sebesar 69,7%. Artinya pengaruh viral marketing secara signifikan berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian. 


Keywords


Viral marketing, buying decision

References


Analisa pengaruh harga, promosi dan viral marketing terhadap keputusan pembelian pada online shop S-Nexian melalui facebook. Tesis. Jakarta: Bina Nusantara.

Hutton, G., & Fosdick, M,. 2011. The Globalization of Social Media – Consumer Relationships with Brands Evolve in The Digital Space. Journal of Advertising Research.

Kotler, Philip.2002. Manajemen Pemasaran. Edisi milenium. Jilid ke 2. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2004. Principles of marketing. Teenth edition, new jersey: prentice hall.

Kotler, Philip.2005. Manajemen pemasaran. Edisi ke 11, jilid 1. Jakarta: PT Indek kelompok gramedia

Kotler, keller 2013. Manajemen pemasaran. Edisi ke 13, jilid 2. Person education.

Skrob, John. Robert. 2005. Open Source and Viral Marketing. Vienna

Sugiyono.2004. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keenam.Bandung.CV. Alfabeta

Sutojo, Siswanto. 2002. Strategi management pemasaran. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.

Widyaharsana, James; et al (2009) Pemasaran Hemat Penjualan Berlipat Melalui Creative Viral Marketing,PPm Manajemen, Jakarta

http://www.fh.kufstein.ac.at

(www.romelteamedia.com).

:(http://panduan-belajar-blog.blogspot.com/2011/11/viralmarketing.html

www.google.com

https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-instagram-indonesia

http://www.marketing.co.id/david-ogilvy/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5253

Flag Counter   Â