Analisis Pengendalian Mutu Menggunakan Metode Stastistical Quality Control untuk Mencapai Kualitas Produk ( Studi Kasus pada Produk Jeans CV Dogged Material )

Taufik Hidayat, Muhardi Muhardi

Abstract


Abstract. This study aims to indentify and analyze the implementation of quality control of jeans in CV Dogged Material Bandung. With a sample of 2100 products jeans for 30 days of observation, data collection techniques used is by using interviews, observation, and documentation using statistical quality control us control chart ð‘Ì…, pareto diagram and a casual diagram to reduce the error rate CV Dogged Material. The results showed that for quality control of Dogged Material Bandung poor, therefore Dogged Material is now decreasing. Evident from the data that has been received and if the factors causing product error occur at seams factors 54,54%, accessories 33,63%, pattern 11,81%. It is caused due to lack of quality control of its employees who are less skilled and more negligence of these employees.

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan pengendalian kualitas celana jeans yang ada di CV Dogged Material Bandung. Dengan sample 2100 produk celana jeans selama 30 hari pengamatan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan metode Statistical Quality Control menggunakan peta kendali ð‘Ì… , diagram pareto dan diagram sebab akibat untuk mengurangi tingkat kesalahan pada CV Dogged Material. Hasil penelitian menunjukan bahwan untuk pengendalian kualitas dari Dogged Material Bandung yang kurang baik Dogged Material skarang mengalami penurunan. Terbukti dari data yang telah di terima dan di olah faktor yang menjadi penyebab kesalahan produk terjadi pada faktor jahitan 54,54%, asesoris 33,63% dan pola 11,81%. Hal ini di sebabkan karena kurang pengendalian kualitas karyawan yang menjadi kurang nya terampil dan banyak kelalaian dari para karyawan tersebut.


Keywords


Statistical Quality Control, quality control charts, pareto diagram, causal diagram.

References


Assauri, sofjan. 2008 Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Assauri, sofjan. 2008. Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Operasi. Edisi Revisi. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Assauri, sofjan. 2001. Manfaat Pengendalian Statistical Quality Control. Edisi Revisi. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Franklin G. Moore & Thomas E. Hendrick, Production/Operation Manajemen, Edisi ke delapan, Richard D. Irwin, Inc, Homewood, IIlinois, 1980.

Handoko, T Hani. 2012. Manajemn Produksi & Operasi. Edisi I. Yogyakarta: BPFE

Handoko, T Hani. 2012. Statistical Quality Control. Edisi I. Yogyakarta: BPFE

Herjanto, Eddy. 2008. Manajemen Operasi. Edisi Tiga. Jakarta: PT Grasindo Indonesia.

Herjanto, Eddy. 2008. Pengambilan Keputusan Edisi Tiga. Jakarta: PT Grasindo Indonesia.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2006. Manajemen Operasi (terjemahan: Dwianoegrahwati setyonongsih dan Indra Alamhdy). Jakarta: Salemba Empat.

Herjanto, Eddy. Diagram Sebab Akibat. Jakarta: PT.Gramedia Widiasarana

Purnomo, Hari. 2004, Pengendalian Kualitas Statistik, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rue, Leslie W dan George R, Terry. 2010. Tujuan Manajemen Jakarta: Bumi Askara

Rue, Leslie W dan George R, Terry. 2010. fungsi Manajemen Jakarta : Bumi Askara




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5235

Flag Counter   Â