Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Teh Pucuk Daun Kersen Cabang Cimahi)

Raden Agung Tri Hartono, Tasya Aspiranti, Poppie Sofiah

Abstract


Abstract. The title of this research is Effect Of Product Design On Decision to Purchase (A Case Study Teh Pucuk Daun Kersen Branch Cimahi)The development of pharmacy dibandung numbers continue to rise In 2013 amounted to 3,337, in 2014 amounted to 2,959 and the last in 2015 to 3207. Teh Pucuk Daun Kersen Branch Cimahi  is one of the authorized distributors who supply to goverment, clinics. In the last 2 years Teh Pucuk Daun Kersen, does not achieve the annual sales target of 100% caused by many factors. This study aims to determine the product design product activities, the purchase decision process Teh Pucuk Daun Kersen Branch Cimahi. Product Design is measured by prospecting and select, Coomunication of aesthetic, Symbolic, Funcitonal, Ergomonic product information, Attention drawing, Categorization. While the processes that influence purchasing decisions as measured by the introduction of needs, information search, evaluation of alternatives, purchase decision, after buying behavior. This research was a analysis descriptive and causal approach. ata were analyzed using linear regression analysis sederhana.dari test results data though a simple regression results obtained by Y = 6.679 + 0.655 X worth posif for purchasing decisions, the results of the descriptive analysis of the variables of 79.57% product design in the high category, the results of descriptive analysis the variable purchase decisions by 74.63% in the high category 0.789 normality test results greater than 0.05, which means that the data included normal distribution. R Square shows the number 0.602 means personal selling influencing buying decision for the remaining 60.2% is influenced by factors lain.hasil T test showed the value T calculated at 7.354 greater than 1.66 which means that H0 and H1 accepted. It states that product design variable influencing purchasing decisions.

 

Abstrak. Judul dari penelitian ini adalah  PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasusu Teh Pucuk Daun Kersen Cabang Cimahi ). Perkembangan apotek dibandung jumlahnya terus meningkat Pada tahun 2013 berjumlah 3,337, pada tahun 2014 berjumlah 2.959 dan terakhir pada tahun 2015 menjadi 3.207.  Teh Pucuk Daun Kersen Cabang Cimahi adalah salah satu distributor resmi obat yang memasok ke Masyarakat, Klinik, . Dalam 2 tahun terakhir Teh Pucuk Daun Kersen mengalami penurunan penjualan, penjualan setiap tahunnya tidak mencapat target 100 % yang disebabkan oleh banyak faktor, . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan desain produk, proses keputusan pembelian Teh Pucuk Daun Kersen Cabang Cimahi. Desain Produk diukur dengan memprospek dan memilih, Coomunication of aesthetic, Symbolic, Funcitonal, Ergomonic product information, Attention drawing, Categorization. Sedangkan proses yang mempengaruhi keputusan pembelian yang diukur dengan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan membeli, perilaku setelah membeli. Jenis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kausal. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.dari hasil uji olah data didapat hasil regresi sederhana sebesar Y= 6,679 + 0,655 X bernilai posif untuk keputusan pembelian, hasil analisis deskriptif  variabel Desain Produk sebesar 79,57% termasuk dalam kategori tinggi,hasil analisis deskriptif  variabel keputusan pembelian sebesar 74.63% termasuk dalam kategori tinggi hasil Uji normalitas 0,789 lebih besar dari 0,05 yang artinya data termasuk distribusi normal. R Square menunjukkan angka 0,602 artinya desain produk mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 60,2 % selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.hasil uji T menunjukan nilai T hitung sebesar 7,354 lebih besar dari 1,66 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menyatakan bahwa variabel desain produk mempengaruhi keputusan pembelian.


Keywords


product design, the buyer's decision process

References


Abdurrahman, Maman & Muhidin, Ali (2011). Panduan Praktis Memahami Penelitian. Bandung: CV.PustakaSetia.

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta : PT RenikaCipta.

Ashary, Andrian. 2013. Analisis Desain Produk Panser Menurut Persepsi User Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Pindad Bandung, Skripsi. Ekonomi Universitas Indonesia.

Buchari Alma. 2007, Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta. Buchory, Achmad H., & Saladin, D. (2010). Manajemen Pemasaran: EdisiPertama. Bandung: Linda Karya.

Creswell, John W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarya: PustakaPelajar.

Fandy, Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2013) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Prograam IBM SPSS 21 Edisi 7. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, Nembah. F. H. (2011). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 2. Bandung :CV Yrama Widya.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. (2010). Principles of Marketing (13th edition). New Jersey, USA: PearsonPrentice Hall. _______________________________(2008).

Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management Edisi 14, Global Edition.Pearson Prentice Hall._______________________________(2012).

Marketing Management 14e. England: Pearson Education Limited.

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Rangkuti, Freddy (2011). Riset Pemasaran (Cetakan ke Sepulahan). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Renita, Karina. 2013. Analisis Desain Produk Menurut Persepsi Konsumen Pada CV.Rabbani Asysa Bandung. Skripsi. Ekonomi Universitas Islam Bandung.

Riduwan, Sunarto. (2007). Pengantar Statistika. Untuk penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta

Riduwan dan Kuncoro, Engkos Achmad (2010). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis. Bandung :Alfabeta.

Sanusi, Anwar. (2011). Metodologi Penelitain Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Schoorman, J. P.L., & Creusen, M. E. H. (2005). The Different Roles of Product Appeareance In Consumer Choice. The Journal of Product Innovation Management 2005;22:63-81.

Silalahi, Ulber. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono (2007). Metode Penelitian Bisnis.Cetakan kesepuluh. Bandung: Alfabeta.________2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Cetakan 1. Alfabeta. Bandung. Sunyoto,




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5220

Flag Counter   Â