Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Daihatsu Xenia

suryana suryana

Abstract


Abstract. purpose of this study is to investigate the implementation of  brand equity in the form of  brand awareness, brand association, perceived quality and brand loyalty to know  the respondents to the implementation of brand equity, knowing how consumer purchasing decisions, and know how influence the brand equity on purchase decisions Daihatsu Xenia in PT Astra Daihatsu Motor Bandung. The research method implemented this is a survey conducted by the population of all consumers Daihatsu Xenia in town Bandung and samples used in this study of 100 respondents from consumer Daihatsu Xenia with withdrawal technique unpropability sampling and technique  accidental sampling. Data collection techniques using questionnaires.  Analysis of the data that is in use is a simple regression analysis aimed to test the hypothesis.These results indicate that the respondents of brand equity with an average yield of 336.25 included into the category enough, as well as respondents to the purchase decision with an average yield of 351.4 included in either category and brand equity influence on purchasing decisions consumer at PT Astra Daihatsu Motor, correlation coefficient of 0.592 (R = 0.592), and the coefficient of determination (R Square) of 37.1%, then there is influence between the variables of brand equity on purchase decisions. That is the effect of brand equity is significantly positive effect on purchasing decisions Daihatsu Xenia in PT Astra Daihatsu Motor Bandung. 


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanan ekuitas merek berupa pengegetahuan merek, asosiasi merek, kesan kualitas  dan loyalitas merek untuk mengetahui tanggapan responden terhadap pelaksanaan ekuitas merek, mengetahui bagaimana keputusan pembelian konsumen, dan mengetahui seberapa besar pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Daihatsu Xenia di PT Astra Daihatsu Motor Bandung. Metode penelitian yang dilaksanakan ini bersifat survei yang dilakukan dengan populasi seluruh konsumen Daihatsu Xenia di kota Bandungserta sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dari konsumen Daihatsu Xenia dengan teknik penarikan nonpropability sampling dan teknik sampling menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tanggapan responden ekuitas merek dengan hasil rata-rata 336,25 termasuk kedalam kategori cukup, serta tanggapan responden terhadap keputusan pembelian dengan hasil rata-rata 351,4 termasuk kedalam kategori baik dan pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen di PT Astra Daihatsu Motor, koefisien korelasi sebesar 0,592 (R= 0,592), dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 37,1%. Maka terdapat pengaruh antara variabel ekuitas merek terhadap keputusan pembelian. Artinya pengaruh ekuitas merek secara signifikan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Daihatsu Xenia di PT Astra Daihatsu Motor Bandung.


Keywords


brand equity, purchasing decisions

References


Aaker, David. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta. Mitra Utama

Aaker, David. 1997. Manajemen Ekuitas merek. Terjemahan oleh Aris Ananda. Jakarta : Spektrum Mitra Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Broyles, Allen., David W. Schumann dan Thaweephan Leingbipul. 2009. Examming Brand Equity Ahtecedent/consequence Relationship Journal Of Marketing Theory And Practice 17 (2): 145-159

Darianto., Darmadi dan Tony Sitinjak.2001. Stategi Menaklukan Pasar. Melalui Riset Ekuitas Merek dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, Hermawan. 2005. Memenangkan Persaingan dengan Segitiga Positioning Deferensiasi, Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Phillip dan Amstrong, Gary. 2006. Dasar Dasar Pemasaran. Jakarta : PT Index.

Kotler, Phillip., K.L. Keller. 2009. Manajemen pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta. Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5175

Flag Counter   Â