Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian

Ria Sulastri

Abstract


Abstract. The development of the growing education , it gave rise to an intense competition in this world education .To respond to this educational institutions have to do activities marketing services to fulfill their needs and wish to the community with the increasing .To face competition that is ,  Roudlotul ulum Bandung  Boarding School do the implementation of the  a promotion mix effective and efficient to affect santri to learn in boarding Roudlotul ulum . The purpose of this research is to know how have program  promotion mix  Roudlotul Ulum Boarding Shool , to know opinion consumers on the implementation of the hotchpotch promotion in Roudlotul Ulum Boarding School , order to know the level decision the purchase of consumers  Roudlotul Ulum Boarding School , and to know how big the influence of promotion mix of the decision the purchase of consumers Roudlotul ulum Bandung  Boarding school. Type descriptive reseach  the kind of research in which the object to present a complete picture of about set social or relation between the phenomenon being tested  Object this research santri pondok pesantren roudlotul ulum bandung .Technique the determination of the sample of the using formulas slovin and to hindemith the sample collection non probability of sampling and the sample of the 100 respondents .Analysis of the data used was regression analysis simple aimed at to test hypotheses . The  result indicates the presence of the influence of  promotion mix  of the decision of a purchase with the value of p = 0.000 , a correlation coefficient sebesear 0,532 , and coefficients determinan 28,3 % as much as .It means the influence of hotchpotch prmosi significantly influence of the decision of the purchase .

 

Abstrak. Saat ini perkembangan dunia pendidikan semakin berkembang, hal itu memunculkan persaingan yang ketat didunia pendidikan. Untuk merespon hal tersebut lembaga pendidikan harus melakukan kegiatan pemasaran jasa guna  memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat yang semakin meningkat. Untuk menghadapi persaingan yang ada, Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Bandung melakukan pelaksanaan bauran promosi yang efektif dan efisien  untuk mempengaruhi santri untuk belajar di Pesantren Roudlotul Ulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan Pondok Pesantren Roudlotul Ulum  Bandung, untuk mengetahui pendapat konsumen tentang pelaksanaan bauran promosi di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, untuk mengetahui tingkat keputusan pembelian konsumen di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Bandung. Jenis penelitian Penelitian deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang tujuannya untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai seting sosial atau hubungan antara fenomena yang diuji. Objek penelitian ini santri Pondok pesantren Roudlotul Ulum Bandung. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dan untuk teknik pengambilan sampel non probability sampling dan jumlah sampel 100 responden. Analisi data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang bertujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian dengan nilai p = 0.000, koefisien korelasi sebesear 0,532, dan koefisien determinan sebesar  28,3%.  Artinya pengaruh bauran prmosi secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Keywords


promotion mix , the purchase decision , boarding school .

References


Alma,Buchari 2011. Manajemen dan Pemasaran Jasa Edisi Revisi.

Bandung Alfabeta.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Pricinples of Marketing Fourteenth

Global Edition. London Pearson.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management Fourteenth

Global Edition. United States. Pearson.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid

II. Erlangga Jakarta.

Kartajaya,Hermawan. 2008. On Marketing. PT Gramedia Pustaka Utama.

Jakarta.

Ghozali, Imam. 2002. Aplikasii Analisis Multi Variat dengan Program SPSS.

Badan Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang.

Saladin, Djaslim dan Herry A. Buchory. 2010. Manajemen Pemasaran. Bandung.

Linda Karya.

Stanton, William J. 2006. Prinsip Pemasaran. Jakarta. Erlangga

Husein Umar. 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta.

Raja Grafindo Persada.

Schiffman, leon dan Lazar Leslie Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. PT Indeks.

Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis ( pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan

R&D). Bandung. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5170

Flag Counter   Â