PENGARUH PENILAIAN LANGKAH-LANGKAH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN YANG DIHITUNG MENGGUNAKN RUMUS EARNING PER SHARE (EPS) (STUDI KASUS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM CORPORATE GOVERNANCE PEREPTION INDEX (CGPI) TAHUN 2011-2012

Ajeng Miranti Putri Rahayu, Azib Azib, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh Penilaian Langkah-Langkah Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Kinerja Keuangan Yang Dihitung Menggunakan Rumus Earning Per Share (EPS) (Studi Kasus Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Corporate Governance Pereption Index (CGPI) Tahun 2011-2012).

Metode penarikan sampel dengan cara Purposive Sampling yaitu populasi yang dijadikan sampel adalah perusahaan yang terdaftar dalam corporate governance pereption index (CGPI) tahun 2011-2012 yang mempublikasikan data perusahaan secara lengkap  yang sesuai dengan periode pengamatan sebanyak 18 perusahaan. Metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh korelasi secara simultan antara penilaian langkah-langkah GCG dengan EPS sebesar r = 0,398. variabel EPS dapat dijelaskan oleh penilaian langkah-langkah GCG (Self Assessment, Dokumen, Makalah, Observasi) sebesar 15,9% sedangkan sisanya 94,1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Secara bersama-sama (simultan) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penilaian langkah-langkah GCG (Self Assessment, Dokumen, Makalah, Observasi) terhadap EPS. Sedangkan secara parsial variabel yang memiliki pengaruh terhadap EPS adalah variabel Self Assesment, Dokumen, dan Observasi. Sedangkan variabel Makalah tidak terdapat pengaruh terhadap EPS.

Disarankan dalam penelitian ini untuk menambah jumlah sampel yang ada, sehingga tidak hanya perusahaan yang terdaftar di CGPI saja tetapi juga pada ruang lingkup yang lebih luas seperti di BEI.

Kata Kunci : Good Corporate Governance, Earning Per Share (EPS), corporate governance pereption index (CGPI)


Keywords


Good Corporate Governance, Earning Per Share (EPS), corporate governance pereption index (CGPI)

References


Darmawati, Deni Dan Khomsiyah. 2005. Hubungan Corporate Governance Dan Kinerja Perusahaan . Jurnal Riset Akuntansi Indonesia.

Kurniawan, Heribertus Dan Nur Indriantoro. 2000. Analisis Hubungan Antara Arus Kas Dari Aktivitas Operasi Dan Data Akrual Dengan Return Saham.Jurnal Bisnis Dan Akuntansi. Vol.2, No.3, Desember: 207-224

Riandi, Dani Dan Hasan Sakti Siregar. 2011. Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Return On Asset, Netprofit Margin, Dan Earning Per Share Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Corporate Governance Perception Index. Journal Of Business And Banking.

Sekaredi ,Sawitri.2011.Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Sucipto. 2003. Penilaian Kinerja Keuangan, Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono.(1999). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Cy Alfabeta

Sutedi, Adrian. (2011). Good Corporate Governance. Jakarta: Sinar Grafika.

Utami, Nurina. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Corporate Governance Perception Index (Cgpi). Jurnal Nominal.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.502

Flag Counter   Â