Analisis Pengendalian Kualitas Jasa Taksi Blue Bird di Kota Bandung dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd)

Bintang Oktafiadi, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


Abstract. This study was conducted to determine how the service quality by using the Quality Function Deploymen method in taxi Blue Bird. The method used in this study is a case study method that is study about the research subjects status related to a specific phase or of an entire research. While the research type is a descriptive research is a form of study by conductingcompaarison analysis between data obtained from object research whit theoritical knowledge closely related to the problem that inspected. The result showed that taxi Blue Bird has quality service advantegs compared to competitors. It can be seen from taxi Blue Bird respone by incrasing better service than competitorsin operational side by providing support facilities the taxi is clean and fragrant, ac to function properly, the driver using id card, the machine functioning well,number of the taxi clearly visible, the design of the exterior a taxi pulled, a driver in uniform tucked in and complete, driver a load to the baggage or from baggage, driver is polite and friendly, taxi is able to drive wherever the purpose, the driver knew the nearest road toward the purpose, let’s be called on the phone,unit of the taxi be easily found, securityband comfort in the way, the price as agrometer and comporable to the quality of service, security of the passengers, the driver to say hallo say to passengers.

 

Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dengan menggunakan metode Quality Function Deploymen (QFD) pada taksi Blue Bird. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus yaitu peneliian mengenai status subjek penelitian yang berkenan dengan suatu fase spesifik atau dari keseluruhan penelitian. Sedangkan jenis penelitian dengan mengadakan analisis terhadap perbandingan antara data yang diperoleh dari objek penelitian dengan pengetahuan teoritis yang berhubungan erat dengan masalah yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa taksi Blue Bird memiliki keunggulan padalayanan dibandingkan dengan pesaingnya. Hal ini dapat dilihat dari respon taksi Blue Bird dengan meningkatkan layanan lebih baik dari pessaingnya dalam sisi operasionalnya yaitu kondisi taksi bersih dan wangi, AC berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya, pengemudi menggunakan tanda pengenal, mesin berfungsi sebagaimana mestinya, nomor identitas taksi terlihat sangat jelas,desain eksterior menarik, pengemudi berseragam lengkap dan rapih, pengemudi membawakan barang dari bagasi atau ke bagasi, pengemudin sopan dan ramah, taaksi mampu mengantar kemanapun tujuannya, pengemudi mengetahui jalan terdekat menuju tujuan penumpang, cepat diipanggil lewat telpon, unit taksi mudah ditemukan dimana saja, keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan, tarif sesuai argometer dan sebanding dengan kualitas pelayanan, keamanan barang penumpang yang tertinggal dan pengemudi mengucapkan salam sapa kepada penumpang.


Keywords


Quality Function Deployment Method And Quality Of service Taxi Blue Bird.

References


Heizer Jay and Barry, Render 2001,2004, 2005, 2015. Manajemen Operasi,

Jakarta : PT. Salemba Empat.

Kusnandi, Marwan, Kadarisman dan Suherman. 2002. Pengantar manajemen,

Universitas Brawijaya Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3968

Flag Counter   Â