ANALISI BAURAN PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLEKS UNTUK MEMAKSIMALKAN KEUNTUNGAN (Studi Kasus Pada Konveksi Planet Production Bandung)

Annisa Dian Pratiwi, Tasya Aspiranti, Nining Koesdiningsih

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk memaksimalkan keuntungan di Konveksi Planet Production. Jenis data yang digunakan adalah data Primer dan metode yang digunakan adalah metode Deskriptif analitik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan.

Faktor terpenting dalam proses produksi diantaranya adalah modal , bahan baku, sumber daya manusia dan sumber daya yang terbatas lainnya. Masalah yang dihadapi dalam proses produksi adalah merencanakan produk yang tepat dengan menggunakan seluruh sumber daya dalam setiap tahapan produksinya. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis melakukan penelitian mengenai Optimasi Bauran Produk Konveksi Planet Production dengan menggunakan metode Simpleks untuk memaksimalkan keuntungan.

Program Linier dengan menggunakan metode Simpleks adalah metode yang digunakan dalam memecahkan masalah diatas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil dengan jumlah produksi optimal dalam proses produksi, dan jumlah keuntungan maksimal yang dapat diperoleh perusahaan.

Konveksi Planet Production menghasilkan produksi per harinya sebanyak 110 unit dengan kombinasi produk jaket sebanyak 30 unit, kemeja sebanyak 40 unit dan kaos sebanyak 40 unit. Dengan total keuntungan per harinya sebesar Rp.1.009.650. Hasil produksi dan keuntungan yang diperoleh Konveksi Planet Production per hari setelah menggunakan metode Simpleks yaitu 116 unit dengan kombinasi produk jaket sebanyak 36 unit, kemeja sebanyak 40 unit dan kaos sebanyak 40 unit , dengan total keuntungan per hari sebesar Rp.1.071.459

 

Kata Kunci : Metode Simpleks, bauran produk, memaksimalkan keuntungan


Keywords


bauran produk

References


Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Buffa, Elwood S. dan Rakesh K. Sarin. 2006. Manajemen Operasi dan Produksi Modern. Edisi Kedelapan. Jakarta : Binarupa Aksara

Chase, Aquilano, dan Jacobs. 2004. Operation Management for Competitive Advantage. USA 9^th Edition.

Heizer, Jay and Barry Render. 2004. Prinsip-Prinsip Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Http://abdullahbasuki.files.wordpress.com/2010/03/ro-2-pengenalan-riset-operasional1.ppt (diakses tanggal 10 Januari 2015 pukul 14.00)

Http://apngaza.8m.com/marketing/Bab5-Produk.htm(diakses tanggal 28 desember 2014 pukul 12.00)

Http://emairianti.blogspot.com/2012/12/riset-operasi.html (diakses tanggal 10 januari 2015 pukul 10.30)

Http://hanhairulnassa.blogspot.com/2013/12/manajemen-produksi-dan-operasi.html (diakses tanggal 28 desember 2014 pukul 13.00)

Http://harianto-respati.blogspot.com/2013/03/pengertian-manajemen

operasional.html (diakses tanggal 26 desember 2014 pukul 15.00)

Http://id.wikipedia.org/wiki/Produk ( diakses tanggal 26 desember 2014 pukul 15.00)

Https://mademoiselle9201.wordpress.com/2012/11/13/bauran-produk/(diakses tanggal 27 desember 2014 pukul 17.00)

Http://mathematica.aurino.com/wp-content/uploads/2008/10/simplex.pdf (diakses tanggal 27 desember 2014 pukul 17.00)

Http://www.academia.edu/6722516/peranan_strategi_strategi_bauran_produk_ terhadap_volume_penjualan_suatu_perusahaan_oleh_Ria_Arifianti (diakses tanggal 26 desember 2014 pukul 15.00)

Http://www.scribd.com/doc/87662810/Pengertian-Manajemen-Operasi-Menurut-Para-Ahli (diakses tanggal 10 Januari 2015 pukul 14.00)

Http://www.academia.edu/3449276/Program_Linear_dengan_Metode_Simplex (diakses tanggal 7 januari 2015 pukul 20.00)

Mudrajad Kuncoro. 2011. Semua persoalan Linear Programming

Muhammad Muslich. 2010. Metode Pengambilan Keputusan Kuantitatif

Muhardi. 2011. Manajemen Operasi Suatu Pendekatan Kuantitatif untuk Pengambilan Keputusan .Bandung: PT Refika Aditama.

Render & Stair. 2000. Metode Kuantitatif

Shroeder, Roger. 2000. Operation Management : Contemporary Concept and Cases. International Edition USA : McGraw Hill inc.

Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.363

Flag Counter   Â